6 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Ibu Hamil

Mungkin Anda sering mendengar dari orang tua kalau air kelapa muda itu sangat baik bagi ibu hamil. Air kelapa muda konon katanya bisa membuat kulit bayi bersih, mata bayi bersih, rambut bayi lebat, bahkan air ketuban pun akan bersih. Dan ternyata mitos tentang air kelapa muda yang bermanfaat untuk ibu hamil ini bukan sekedar isapan jempol belaka.

Berdasarkan penelitian secara ilmiah, air kelapa memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia, khususnya untuk ibu yang sedang hamil. Hasil analisis ini terbukti terkait dengan kandungan zat gizi dan nutrisi alami yang ada dalamair kelapa yang bermanfaat untuk tubuh. Manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil adalah sebagai berikut

1. Elektrolit alami

Air kelapa muda kaya akan kandungan elektrolit, klorida, kalsium, potasium, magnesium, sodium, dan, riboflavin yang bermanfaat untuk rehidrasi serta memulihkan stamina tubuh. Karena tubuh ibu hamil sangat membutuhkan banyak air agar terhindar dari dehidrasi.

2. Anti penyakit

Kandungan asam lauric dalam air kelapa muda berfungsi sebagai penawar racun dan anti penyakit. Asam lauric adalah zat yang juga terdapat dalam air susu ibu serta memiliki karakter sebagai anti jamur, anti bakteri juga anti virus.

3. Membantu pencernaan

Selama masa kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon progesteron yang akan memperlambat kontraksi otot lambung sehingga sistem pencernaan akan bekerja lambat. Nah, air kelapa ini bisa memperbaiki fungsi pencernaan ibu.

4. Melancarkan saluran kemih

Air kelapa sangat baik untuk membersihkan saluran kemih serta bisa melancarkan air seni yang akan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Infeksi saluran kemih adalah hal yang dikhawatirkan selama masa kehamilan.

5. Mengatasi heartburn pada ibu hamil

Gejala atau tanda-tanda ibu hamil terkena heartburn adalah dada terasa panas seakan-akan terasa seperti terbakar. Heartburn akan sangat mengganggu kesehatan ibu hamil. Tapi dengan mengkonsumsi air kelapa keluhan hertburn bisa teratasi.

6. Membantu mengurangi rasa mual (morning sickness)

Air kelapa dipercaya mempunyai khasiat sebagai anti muntah (antidote). Sehingga air kelapa bisa mengurangi keluhan pusing, mual, dan muntah akibat morning sickness.

7. Mencegah kram kaki

Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah kram kaki. Kram kaki pada ibu hamil ini disebabkan oleh karena tubuh kekurangan kalium. Air kelapa mengandung 670 mg kalium per 330 ml, sementara tubuh membutuhkan sekitar 4.700 mg saat hamil.

Sudah tahukan betapa begitu banyaknya manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil?

loading...
Loading...
berdasarkan penelitian terbaru ternyata air ketuban juga mengandung anti bakteri, Air kelapa pembersih usus

6 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan Ibu Hamil | chsa | 4.5