6 Gejala dari Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Gagal ginjal atau penyakit ginjal kronis adalah kondisi dimana terjadi penurunan kemampuan atau fungsi dari ginjal itu sendiri.

Fungsi ginjal adalalah untuk menyaring zat sisa metabolisme dalam darah dan mengeluarkannya melalui urin. Ketika terjadi gangguan pada fungsi ginjal, maka yang terjadi adalah sisa metabolisme yang tidak dikeluarkan tubuh tersebut akan berubah menjadi racun yang akan meracuni tubuh. Akibat dari hal tersebut, dimana sudah terjadi kegagalan fungsi ginjal yang cukup parah, maka penderita gagal ginjal diharuskan untuk melakukan cuci darah secara rutin untuk membantu mengurangi kadar racun yang ada dalam darah.

Penyebab paling umum dari penyakit gagal ginjal kronis terkait dengan diabetes yang kurang terkontrol; kurang terkontrolnya tekanan darah tinggi; glomerulonefritis kronis; batu ginjal; dan penyakit prostat. Mengonsumsi minuman berenergi, minum kopi atau es teh terus menerus dalam jangka waktu yang lama tanpa diimbangi dengan konsumsi air putih yang seimbang juga dapat menjadi penyebab terganggunya fungsi ginjal.

Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Selain mengetahui penyebab penyakit gagal ginjal, penting juga bagi seseorang untuk mengetahui apa saja gejala yang muncul pada orang yang menderita gagal ginjal. Sebagai informasi, berikut ini adalah beberapa gejala yang mungkin muncul pada penderita yang mengalami gagal ginjal, diantaranya:

1. Ruam pada kulit atau gatal

Segera periksakan diri ke dokter ketika anda mendapati setiap jenis ruam atau gatal yang tidak kunjung hilang untuk mengantisipasi kemungkinan berhentinya fungsi ginjal dalam tubuh anda.

2. Rasa logam di mulut

Rasa logam di mulut muncul akibat dari adanya penumpukan limbah dalam darah yang disebut uremia. Kondisi ini juga bisa menyebabkan bau mulut.

3. Perut mual dan muntah

Salah satu tanda dari gagal ginjal yang perlu diperhatikan adalah merasa mual setiap kali selesai makan. Kondisi ini bisa jadi muncul karena disebabkan oleh penumpukan limbah dalam darah yang membuat rasa makanan yang berbeda atau busuk.

4. Terjadi perubahan pola buang air kecil

Ketika pola buang air kecil anda mengalami perubahan, maka anda perlu waspada karena itu bisa menjadi salah satu tanda-tanda dari segala jenis gangguan ginjal. Perubahan pola buang air kecil misalnya adalah anda jadi lebih sering atau lebih jarang, serta tidak dapat mengontrol tekanan urin. Yang juga tidak boleh lepas dari pengamatan adalah apakah urin berbusa atau bergelembung dan berdarah atau berwarna pucat. Ketika anda mendapati itu, ada baiknya bila segera ke dokter.

5. Pembengkakan pada setiap bagian tubuh

Ketika ginjal mulai memburuk, mereka tidak dapat menyaring kelebihan air dan limbah dari darah. Akibatnya akan terjadi pembengkakan di bagian perut atau mungkin beberapa bagian tubuh lainnya.

6. Kelelahan dan sesak nafas

Sejak ginjal telah berhenti atau mengurangi penyaringan limbah dan air dari tubuh, ada kemungkinan bahwa air terakumulasi di paru-paru. Kekurangan sel darah merah pembawa oksigen dari ginjal juga menjelaskan kekurangan oksigen dalam darah. Akibatnya adalah tubuh akan merasa lebih mudah lelah dan sesak nafas.

Itulah beberapa gejala penyakit ginjal yang harus diketahui sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky.

Gagal ginjal adalah penyakit berbahaya. Namun demikian penyakit ini bisa dicegah dan diantisipasi sejak dini. Untuk cara mencegah penyakit gagal ginjal, maka kita harus menerapkan pola hidup sehat. Memperbanyak konsumsi air putih serta mengurangi konsumsi minuman energi, kopi dan juga teh dalam jangka waktu lama dan terus menerus juga dapat mencegah terganggunya fungsi ginjal.

Setiap akan mengkonsumsi obat, pastikan juga membaca petunjuknya. Karena pada beberapa jenis obat tertentu memiliki kandungan yang bila dikonsumsi dalam dosis yang berlebih dan terus menerus dapat menyebabkan gangguan ginjal.

loading...
Loading...
apakah uci uci bisa hilang sendiri, kasiat minum kopi obat gatal

6 Gejala dari Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai | akbar | 4.5