6 Cara Mencegah Serangan Lalat di Rumah

Selain tikus, lalat juga merupakan hewan penyebar penyakit. Pasalnya, lalat sangat senang hinggap pada tempat-tempat yang kotor, misalnya tempat sampah. Jadi, ketika lalat sebelumnya sudah hinggap di tempat sampah lalu terbang dan kemudian hinggap di makanan yang akan kita makan, maka sudah pasti akan ada bakteri atau kuman yang ikut terbawa lalat dari tempat sampah.

Ada banyak penyakit yang bisa disebabkan karena lalat, misalnya tifus dan disentri. Karena itu, usahakan agar makanan yang kita makan tidak dihinggapi lalat. Salah satu caranya tentu dengan menjauhkan lalat agar tidak berkeliaran di rumah kita.

Cara Mengusir Lalat

Ada banyak cara untuk mengusir lalat, misalnya dengan menggunakan penyemprot serangga. Namun tentu ini tidak efektif karena justru bisa menimbulkan bahaya lain.

Untuk mengusir lalat sehingga membuatnya menjauh dari rumah kita, ada beberapa langkah yang bisa coba untuk dilakukan.

1. Cari sumbernya
Lalat sangat menyukai tempat yang kotor, lembab, sampah, dan busuk. Karena itu, bersihkan tempat anda dari kotoran atau sampah yang berserakan.

2. Jangan biarkan
Akan lebih sulit mengusir lalat yang sudah masuk ke rumah. Karena itu, cobalah untuk menutup kaca dan pintu di rumah untuk mencegah lalat masuk ke rumah. Atau bila anda tidak ingin mengorbankan sinar matahari dan udara segar, maka anda bisa memasang kain kasa pada jendela atau pintu sehingga anda tidak perlu menutup pintu atau jendela.

3. Bersihkan
Makanan yang manis dan berbau busuk disukai oleh lalat. Karena itu, bersihkan permukaan meja dan peralatan dapur. Pastikan mereka tidak lengket karena tumpahan atau sisa makanan. Kantong sampah juga usahakan dalam kondisi terikat dan tertutup.

4. Tutup semua makanan
Sangat penting untuk menjaga kebersihan guna mengusir lalat. Selain untuk melindungi makanan agar tidak dihinggapi lalat, menutup makanan juga juga melindunginya dari dari mikroorganisme dan oksidasi. Lalat tertarik dengan buah yang matang, sehingga usahakan agar makanan ini tertutup. Selain itu, yang terutama tutup daging.

5. Aromaterapi
Semprotan kimia konvensional seperti obat serangga memang efektif mengusir dan membunuh lalat, namun ini juga beracun. Bahan herbal merupakan pertahanan alami dari lalat yang bisa dicoba. Salah satu trik untuk membuat lalat pergi dan direkomendasikan ahli adalah dengan daun kemangi dan menyimpannya di dekat pintu, tempat lalat masuk. Beberapa orang menyebutkan minyak esensial seperti lavender dan eucalyptus juga efektif untuk mengusir lalat.

6. Perangkap lalat
Ada banyak trik dan cara pintar untuk membuat lalat pergi, beberapa ada yang canggih. Salah satu yang bisa anda coba adalah flypaper yakni kertas dengan lem aroma manis agar lalat terperangkap. Ada juga flyswatters, baik yang menggunakan listrik dan non-listrik.

loading...
Loading...
cara membasmi tikus dengan daun kemangi, cara mengusir tijus dengan daun kemangi, rapitrik

6 Cara Mencegah Serangan Lalat di Rumah | lawas | 4.5