6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Musim hujan membuat banyak genangan air muncul dimana-mana. Padahal, genangan air merupakan tempat favorit bagi nyamuk untuk berkembang biak. Dengan semakin banyaknya nyamuk maka akan semakin besar anda untuk digigit nyamuk.

Gigitan nyamuk tidak hanya menyebabkan kulit gatal dan menjadi bentol. Lebih dari itu, gigitan nyamuk perlu diwaspadai karena bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Salah satu nyamuk yang harus diwaspadai adalah nyamuk Aedes Aegypti yang merupakan penyebar virus dengue penyebab demam berdarah.

Cara Mencegah Gigitan Nyamuk

Cara mencegah gigitan nyamuk sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Dengan menerapkan beberapa tips sederhana berikut ini bisa menghindarkan anda dari kemungkinan digigit nyamuk.

1. Hindari kulit berkeringat

Bila orang benci dengan bau keringat, tidak demikian halnya dengan nyamuk, karena nyamuk justru menyukai bau keringat manusia. Karena itu untuk mencegah gigitan nyamuk rajin-rajinlah anda mandi. Minimal sehari dua kali.

Juga sebaiknya anda hindari makan makanan yang memungkinkan anda berkeringat. Karena aroma keringat akan menarik nyamuk untuk menggigit anda.

2. Gunakan pakaian warna terang

Nyamuk tertarik dengan warna gelap karena mereka secara alami akan menganggapnya seperti kulit hewan. Dengan memakai pakaian berwarna terang, nyamuk cenderung menolak untuk mendekat.

Celana training serta kaus atau baju lengan panjang juga bisa mencegah gigitan nyamuk saat tidur. Hindari pakaian ketat, terutama jika bahannya tipis karena kadang-kadang masih bisa ditembus oleh gigitan nyamuk.

3. Gunakan alat pengusir serangga

Gunakan alat penyemprot serangga baik yang digunakan dengan cara disemprotkan ataupun dioleskan untuk mengusir nyamuk.

Bila anda tidak suka menggunakan yang berbahan kimia, anda bisa membuat alat pengusir serangga alami, yaitu dengan memanfaatkan minyak lemon eucalyptus, minyak serei, minyak kayu manis, rosemary atau peppermint. Selain bisa dibuat sendiri, bahan-bahan tersebut juga tersedia di pasaran dalam bentuk aromaterapi yang juga dapat digunakan untuk menakut-nakuti nyamuk. Selain itu, menggunakan bedak antiprespiran juga cukup efektif untuk mencegah gigitan nyamuk.

4. Menanam tanaman antinyamuk

Banyak tanaman yang secara alami mampu menolak keberadaan nyamuk. Bila rumah anda memiliki taman, maka tidak ada salahnya bila anda tanami taman anda dengan beberapa jenis tanaman yang bisa untuk mengusir nyamuk. Beberapa tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai antinyamuk alami adalah seperti serai, basil, lavender, peppermint, atau rosemary.

5. Pasang kelambu

Tidak ada alat penangkal gigitan nyamuk yang lebih aman dibandingkan kelambu. Jaring lembut yang bisa dipasang di sekeliling tempat tidur ini umumnya tidak melepaskan bahan kimia, sehingga keluarga anda akan terbebas risiko alergi dan keracunan.

Agar lebih aman saat anda memakai kelambu sebagai pelindung dari gigitan nyamuk, pastikan sirkulasi udara dalam ruangan kamar tidur lancar.

6. Singkirkan air yang tergenang

Air yang tergenang merupakan tempat favorit untuk berkembang biak. Air tergenang yang perlu disingkirkan dan diwaspadai tidak hanya pada benda-benda bekas, namun juga pada vas bunga, dispenser, wadah minum hewan peliharaan, ataupun bak mandi. Maka dari itu, pastikan untuk selalu menutup tempat penampungan air agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

loading...
About these ads

Loading...
6 Cara Mencegah Gigitan Nyamuk | akbar | 4.5