Loading...

6 Cara Efektif untuk Menghilangkan Bau Badan pada Pria

Masalah bau badan tidak hanya terjadi pada kaum wanita, namun kaum pria pun bisa mengalami hal yang serupa. Anda tentu merasa kurang nyaman berada di dekat orang yang mengeluarkan bau badan yang kurang sedap dan menyengat.
Dibanding wanita, tubuh pria memiliki kelenjar keringat yang lebih aktif. Karena itulah, tubuh pria lebih mudah berkeringat dan kemudian tercampur dengan bakteri serta hormon yang dikeluarkan hingga akhirnya menimbulkan bau tak sedap.

Bau badan bisa dicegah, setidaknya diminimalisir. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya masalah bau badan, beberapa diantaranya adalah:

1. Menjaga kebersihan tubuh
Bakteri akan tumbuh subur pada area kulit yang lembab dan selalu basah oleh keringat, apalagi jika bukan ketiak, leher, sampai kaki. Karena itu, mandilah setelah beraktivitas. Namun ingat, jangan terburu-buru saat mengeringkan badan dengan handuk setelah mandi. Usahakan agar daerah-daerah lipatan kulit dikeringkan secara sempurna agar bakteri tidak tumbuh kembali.

2. Jaga asupan makanan
Bila Anda termasuk orang yang cepat berkeringat, sebaiknya kurangi makanan yang berbau tajam. Hindari konsumsi bawang putih, bawang merah, petai, jengkol, nagka, atau durian secara berlebihan. Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran atau suplemen makanan seperti klorofil dan spirulina yang berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh.

3.Konsumsi banyak air putih
Asupan air putih yang sesuai takaran akan menyehatkan fungsi ginjal dan hati. Aliran darah yang lancar dengan cukup air akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang tidak berbau. Minimal, minumlah enam gelas air.

4. Gunakan ramuan obat tradisional untuk menghilangkan bau badan
Anda bisa menggunakan ramuan obat untuk menghilangkan bau badan menggunakan bahan alami yang Anda racik sendiri. Misalnya menggunakan campuran perasan jeruk lemon dengan baking soda. Reaksi kimia yang dihasilkan saat baking soda bercampur lemon mampu untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Usapkan campuran tadi pada ketiak Anda, diamkan beberapa sata dan lihat hasilnya.

Cara lain yang mungkin efektif untuk menghilangkan bau badan adalah dengan meminum air rebusan satu genggam daun kemangi setiap pagi secara rutin. Daun kemangi dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk menjaga aroma tubuh dari luar dan dalam.

5. Tidak menggunakan parfum saat tubuh berkeringat
Pemakaian parfum saat tubuh sedang berkeringat tidak akan menghilangkan bau keringat Anda, yang ada justru akan memperburuk masalah Anda. Saat berkeringat dan menyemprotkan parfum, begitu banyak rekasi kimia yang bercampur dari mulai bakteri, berbagai macam jenis asam, serta kandungan esens yang terdapat dalam parfum. Karena itulah, sebaiknya gunakan parfum saat tubuh sedang tidak berkeringat dan area lipatan kulit yang merupakan sarang bakteri sudah dibersihkan secara maksimal.

6. Kenali jenis deodoran
Ada banyak produk deodoran untuk pria yang dijual di pasaran yang bisa Anda pilih. Penggunaan deodoran yang tidak sesuai pada orang dengan masalah kulit sensitif bisa menyebabkan kulit iritasi dan bau badan akan timbul semakin parah.

Karena itu, pilihlah secara cermat jenis deodoran yang tepat untuk jenis kulit Anda sebelum membelinya. Juga ketahui aktifitas apa yang paling sering Anda lakukan, apakah di dalam ruangan atau malah lebih sering berada di lapangan. Saat Anda memilih jenis deodoran dengan kandungan anti respiran aktif sementara Anda lebih sering berada di dalam ruangan, deodoran juga bisa menimbulkan iritasi dan noda yang pekat pada pakaian. Mengenali jenis deodoran yang cocok untuk kulit Anda akan membantu Anda untuk mengurangi masalah bau badan.

loading...
Loading...
cara membuat klorofil sendiri, cara menghilangkan bau durian di ruangan ber ac

6 Cara Efektif untuk Menghilangkan Bau Badan pada Pria | lawas | 4.5