6 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang umum dan sering menyerang siapa saja. Apalagi setelah lebaran, dimana makanan manis menjadi santapan utama.

Ada banyak cara untuk mengobati batuk yang bisa dilakukan. Namun cara mengobati batuk secara alami lebih disarankan. Karena lebih aman terhadap kesehatan dan pastinya tidak perlu biaya mahal.

Cara Mengobati Batuk yang Alami

Beberapa bahan yang biasanya ada di dapur ternyata bisa digunakan untuk mengobati batuk. Berikut beberap diantaranya:

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Penyebab batuk berdahak karena adanya peradangan pada lapisan lender di saluran pernapasan. Namun ada pula batuk berdahak yang disebabkan oleh karena bakteri atau virus seperti tuberkulosa, influensa dan campak.

Cara mengobati batuk berdahak dengan jeruk nipis bisa dilakukan dengan mencampurkan beberapa air perasan jeruk nipis dengan sesendok kecap manis.

2.Jahe

Jahe memiliki zat anti bakteri yang baik untuk tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Cara mengobati batuk berdahak dengan jahe sangat mudah.

Untuk anda yang sedang menderita batuk berdahak sangat disarankan untuk mengonsumsi sari jahe atau yang lebih dikenal dengan wedang jahe setidaknya satu kali sehari.

3. Kencur

Kencur sangat manjur untuk mengobati batuk bila dipadukan dengan jahe. Caranya, siapkan jahe dan kencur secukupnya, parut keduanya hingga halus lalu campurkan hingga merata. Rebus campuran jahe dan kencur tersebut pada segelas air mendidih. Saring, buang ampasnya dan minum air rebusan tersebut selagi hangat setidaknya dua kali sehari.

4. Daun siri

Batuk berdahak tidak harus melulu diobati dengan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik. Karena batuk berdahak juga bisa diobati dengan bahan-bahan tradisional, salah satunya adalah daun sirih. Daun sirih dapat disajikan sebagai minuman hangat.

5. Belimbing Wuluh

Rasanya sangat asam dan sering digunakan sebagai salah satu bahan dalam membuat sayur asam, kadang juga dibuat menjadi manisan belimbing wuluh. Meskipun rasanya asam, namun belimbing wuluh sangat ampuh untuk mengobati batuk.

6. Kunyit

Sudah sejak lama kunyit dikenal sebagai tanaman rimpang yang kaya akan kandungan antibotik. Kandungan tersebut mampu mengatasi peradangan pada saluran pernapasan yang menyebabkan batuk kering.

Itulah beberapa bahan alami yang biasanya ada di dapur dan bisa digunakan untuk mengobati batuk secara alami yang bisa anda coba.

loading...
Loading...
cara membuat obat batuk dari bahan dapur, cara obati batuk dngn bumbu dapur, obat batuk alami dari dapur, obat batuk alami dengan bumbu dapur, obat batuk herbal yang ada didapur, obati batuk balita dgn bumbu yg ada di dapur

6 Bahan Dapur yang Bisa Digunakan untuk Mengobati Batuk | akbar | 4.5