6 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Mulut

Bau mulut adalah hal yang bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang. Ketika seseorang mengalami bau mulut, maka ia akan merasa minder saat harus berbicara dengan saling berhadapan.

Bau mulut dalam bahasa medis disebut dengan istilah Halitosis. Penyebab bau mulut ada banyak, mulai dari kurangnya menjaga kebersihan gigi, karena kurangnya asupan air dalam tubuh, hingga karena penyakit kronis.

Bau mulut selain berpengaruh terhadap diri sendiri, juga akan menyebabkan orang lain merasa enggan berbicara dengan seseorang yang memiliki masalah bau mulut.

Cara Mengobati Bau MUlut

Selain dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari, untuk menghilangkan bau mulut juga bisa dilakukan sendiri menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur. Dengan demikian anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk mengatasi masalah bau mulut.

1. Baking soda

Untuk mengurangi bau sedap yang keluar dari mulut, anda bisa menggunakan baking soda. Cara penggunannya sangat mudah. Campurkan baking soda dengan air hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Selain untuk kumur, anda juga bisa menggosok gigi menggunakan baking soda. Menggosok gigi dengan baking soda bisa membunuh kuman-kuman yang penyebab bau mulut yang bersarang di dalam mulut.

2. Air

Kurangnya cairan dalam tubuh bisa menyebabkan masalah bau mulut. Karena itu perbanyaklah konsumsi cairan, terutama air putih. Air sangat penting untuk menyegarkan napas. Usahakan untuk selalu berkumur setelah makan. Hal ini akan membantu membersihkan mulut anda dari sisa-sisa makanan yang ada di mulut.

3. Adas

Rasanya sedikit pedas, namun bahan ini dipercaya bisa menghilangkan bau mulut. Caranya ambil beberapa sendok teh biji adas, lalu kunyah perlahan. Rasa pedas pada adas bisa membunuh kuman penyebab bau mulut tak sedap.

4. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh bersifat antiseptik yang bisa membunuh para kuman yang bersarang di mulut. Anda bisa memberi beberapa tetes minyak pohon teh pada pasta gigi saat menyikat gigi. Anda bisa menambahkan minyak lemon dan peppermint oil, campuran ketiga bahan ini membuat nafas anda segar senantiasa.

5. Seledri

Kandungan klorofil dalam seledri bisa mengontrol bau mulut anda. Ambil segenggam daun seledri lalu rendam dengan cuka. Kunyah daun seledri tersebut dua sampai tiga menit dan rasakan kesegaran pada mulut anda. Selain itu anda juga bisa membuat jus seledri untuk diminum. Tidak hanya berguna untuk mencegah bau mulut, namun jus seledri juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

6. Teh

Setiap jenis teh, teh hitam atau teh hijau mengandung senyawa yang disebut polifenol. Polifenol bisa menghentikan pertumbuhan bakteri yang jadi penyebab bau mulut.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai jamu untuk obat bau mulut untuk mengatasi masalah bau mulut yang sering mengganggu rasa percaya diri anda. Dengan hilangnya bau mulut, maka rasa percaya diri anda akan kembali bangkit karena anda bisa bebas tanpa khawatir saat harus berbicara dengan orang lain dari dekat. Semoga bermanfaat.

loading...
About these ads

Loading...
6 Bahan Alami untuk Mengatasi Bau Mulut | akbar | 4.5