6 Alasan Mengapa Makanan Berserat Baik Untuk Penderita Diabetes

Pengobatan rutin, tidak akan berpengaruh banyak pada penderita diabetes jika tidak memperhatikan pula pola makanan dengan baik. Pemilihan makanan tentu saja sangat penting untuk mengatur kadar gula. Serat makanan ternyata sangat pas guna membantu untuk memetabolisme glukosa di dalam darah.

Berikut beberapa alasan mengapa serat memiliki peran yang penting untuk penderita diabetes:

1. Serat bisa meningkatkan insulin

Menurut penelitian, makanan berserat bisa menurunkan biomarke utnuk resistensi insulin. Hal ini disebabkan dengan adanya anti inflamasi yang berhubungan erat dengan kadar vitamin C reaktif dan sistemik serta fakta bahwa asam lemak rantai pendek bisa menciptakan resistensi insulin di dalam otot.

2. Serat mampu memperlambat pelepasan glukosa

Alasan ini disebabkan bahwa karbohidrat akan memakan waktu lebih lama untuk dipecah menajdi glukosa. Oleh sebba itu membuat glukosa akan lebih lama di lepaskan ke dalam darah.

3. Serat bisa membuat produksi glukosa lebih sedikit

Proses fermentasi di dalam tubuh memberikan responsif terhadap insulin agar mampu memproduksi glukosa yang lebih sedikti.

4. Serat akan membuat perut kenyang

Menurut penelitian, makanan berserat akan membuat perut kenyang. Hal ini disebabkan makanan berserat memiliki bentuk yang lebih besar dibanding nutrisi lainnya. Makanan berserat juga mampu memperlambat perjalanan makanan.

5. Serat bisa mengubah bakteri usus

Makanan berserat yang tinggi ternyata mampu mengubah susunan mikrobiosme yang membuat mikroba ini mampu mengonsumsi lebih banyak kalori. 6. Serat bisa digunakan mengatur berat badan Peningkatan rasa kenyang bisa membuat lemak tidak berkembang dengan cepat. Sehingga tidak menimbulkan obesitas.

loading...
Loading...
6 Alasan Mengapa Makanan Berserat Baik Untuk Penderita Diabetes | akbar | 4.5