5 Tips untuk mengatasi kebiasaan mendengkur

Mendengkur memang tidak bisa kita sadari atau rasakan. Namun kebiasaan ini bisa sangat mengganggu bagi rekan tidur Anda, bahkan rekan beda kamar karena kerasnya suara dengkuran. Tentunya Anda tidak mau menggangu waktu istirahat orang lain karena dengkuran Anda bukan? Apalagi, mendengkur juga menjadi pertanda bahwa ada yang kurang beres dalam tubuh Anda.

Biasanya mendengkur terjadi karena masalah penyempitan saluran pernafasan sehingga udara yang masuk membuat jaringan lunak tenggorokan bergetar dan menimbulkan suara dengkur. Lalu, bagaimana cara menghentikannya? Berikut ini beberapa tips untuk menghentikan kebiasaan mendengkur.

1. Ubah posisi tidur
Posisi telentang lebih memungkinkan Anda untuk mendengkur karena membuat tekanan ke wilayah saluran pernafasan menjadi lebih berat. Ubahlah posisi tidur dengan miring ke kanan. Posisi ini lebih disarankan karena diyakini dapat mengurangi dengkur.

2. Kurangi berat badan
Orang dengan berat badan lebih biasanya memiliki kebiasaan mendengkur. Hal ini terjadi karena jaringan lemak yang banyak menumpuk di leher dan dada membuat udara jadi lebih keras menggetar saluran pernafasan yang sempit. Oleh sebab itu, kurangi bobot tubuh Anda agar tidak mendengkur.

3. Inhaler
Hidung yang tersumbat karena flu serta alergi bisa menjadi penyebab dengkuran. Gunakan inhaler sebagai obat untuk membuka saluran pernafasan. Atau bisa juga memakai humidifier untuk membantu melembabkan udara.

4. Katup hidung
Ini adalah salah satu alat untuk mengurangi dengkur. Alat ini juga sudah disetujui oleh badan kesehatan sehingga aman digunakan. Tak ada salahnya menggunakan katup hidung saat tidur demi meminimalisir dengkuran.

5. Bangun
Mintalah bantuan rekan untuk membangunkan Anda saat dengkur sedang parah-parahnya. Ini memberi kesempatan Anda untuk minum, mengubah posisi tidur, dan hal lain yang bisa menghentikan dengkur.

loading...
Loading...
5 Tips untuk mengatasi kebiasaan mendengkur | akbar | 4.5