5 Tips Membuat Budget Bulanan Untuk Anak Kosan

Budget bulanan adalah langkah awal yang seharusnya dilakukan oleh semua orang terlebih lagi untuk anak kos atau anak rantau yang pada dasarnya harus dapat berhemat jika hidup di daerah oranglain. Tujuan dari membuat budget bulanan pada dasarnya adalah agar kamu dapat hidup berhemat dan terhindar dari kata pemborosan. Namun, pada kenyataannya banyak yang ragu untuk membuat budget bulanan dikarenakan menganggap membuat budget bulanan adalah hal yang sulit.

Bagi kamu anak kos yang ingin berhemat, coba ikuti langkah sederhana dibawah ini. Check this out!

1. Tentukan Tujuan Dari Pengeluaranmu

Jika kamu membuat tujuan dari apa yang akan kamu keluarkan, itu merupakan langkah awal yang mudah untuk dilakukan. Tujuan yang harus kamu tetapkan dimulai dari prioritas yang harus dilakukan. Contoh : Jika kamu mempunyai tujuan untuk pergi ke luar negeri bersama keluarga dikampung halaman. Maka kamu harus focus terhadap tujuanmu tersebut.

loading...

2. Membuat Kategori Pengeluaran

Jika memang ini merupakan waktu pertama bagi kamu membuat budget pengeluaran, maka kamu tidak harus membuatnya terlalu lengkap. Buat saja kategori pengeluaran sederhana namun pasti dan selalu dimulai dari yang paling penting yang harus dilakukan. Contohnya jika setiap hari kamu mengeluarkan uang untuk makan, minum atau transportasi kamu dapat mengelompokkan pengeluaran tersebut menjadi kategori besar. Hal tersebut dilakukan agar kamu dapat lebih mudah mengatur keuangan tersebut.

3. Membuat Rincian Pengeluaran Bulan Sebelumnya

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah membuat review terhadap pengeluaran sebelumnya. Hal tersebut bertujuan agar kamu dapat melihat dan mempertimbangkan kebutuhan apa yang harus dilakukan kembali dan mana yang sudah tidak harus dilakukan. Rincian pengeluaran yang harus kamu review adalah rincian yang bersifat tidak tetap.

4. Menghitung Jumlah Yang Dapat Ditabung

Jika kamu sudah mengelompokan pengeluaran yang harus dikeluarkan. Maka, akan dapat dengan mudah kamu mengetahui jumlah yang dapat kamu tabung setiap bulannya. Rumus yang dapat kamu lakukan adalah jumlah pendapat – jumlah pengeluaran. Jika boleh disarankan agar kamu dapat menyisihkan satu juta setiap bulannya untuk ditabung.

5. Usahakan selalu berhemat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan dari membuat budget adalah berhemat. Maka jika kamu sudah membuat budget setiap bulan, langkah terpenting adalah mulai berhemat. Cara berhemat yang mudah dilakukan adalah membandingkan terlebih dahulu harga tersebut dari beberapa tempat terdekatmu. Berhemat lebih baik dilakukan untuk pengeluaran yang tidak terlalu penting dalam kehidupanmu sehari-hari. Nah, setelah kamu memgetahui lima tips budget bulanan tersebut diharapkan kamu sebagai anak kosan dapat berhemat serta dapat sukses dimasa depan jika dapat mengatur keuangan dengan baik.

Penulis : Saskia Nikita Sibo
Website : http://www.halomoney.co.id

loading...
Loading...
selalu kedinginan penyakit apa

5 Tips Membuat Budget Bulanan Untuk Anak Kosan | akbar | 4.5