5 Tips Cara Merawat Kesehatan Mata yang Benar

Fungsi mata adalah untuk melihat. Karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengabaikan akan kesehatan mata.

Menjaga dan merawat kesehatan mata adalah sangat penting. Hal ini agar fungsi dari mata bisa bisa maksimal. Jangan sampai usia masih muda namun sudah memakai kaca mata.

5 Tips Cara Merawat Kesehatan Mata yang Benar

Salah satu faktor kerusakan mata yang menyebabkan seseorang harus memakai kacamata adalah dari kebiasaan buruk serta kurangnya menjaga kesehatan mata. Berikut ini adalah tips bagaimana cara merawat kesehatan mata yang benar yang bisa anda lakukan:

1. Hindari Membaca dengan Posisi Berbaring

Kebiasaan membaca sambil berbaring bisa merusakan kesehatan mata. Selain tidak boleh dengan posisi berbaring, juga hindari membaca terlalu dekat. Jarak aman dalam membaca setidaknya 30 cm dari mata. Disarankan juga untuk mengambil jeda waktu sekitar 5-10 menit di sela-sela membaca agar mata juga dapat beristirahat.

2. Hindari Menatap Benda Terlalu Dekat

Hindari menatap tajam suatu objek yang berjarak terlalu dekat dengan mata untuk menghindari kerusakan permanen pada mata anda. Terutama saat menonton televisi. Jarak aman menonton televisi adalah 5x dari ukuran televisi. Jarak ideal menonton televisi adalah lima kali diagonal layar televisi.

3. Atur Pencahayaan Ketika Membaca

Hindari membaca dalam cahaya yang minim karena akan menyebabkan ketegangan pada mata. Saat membaca, aturlah pencahayaannya agar kerja mata tidak terlalu berat. Juga penting untuk diingat, hindari mata dari bahaya sengatan sinar ultra violet dengan cara menggunakan kacamata yang bisa melindungi mata dari bahaya sinar matahari langsung.

4. Gunakan Kacamata Pelindung Ketika Berkendara

Lingkungan luar penuh dengan debu dan udara kotor. Karena itu, gunakan selalu pelindung mata atau kacamata agar mata tetap terhindar dari bahaya benda asing seperti serangga dan debu yang bisa masuk ke mata anda.

5. Kontrol Kesehatan Secara Rutin

Meskipun anda tidak merasakan masalah pada mata, namun tetap usahakan untuk mememeriksakan kondisi kesehatan mata setidaknya satu tahun sekali pada dokter mata. Hal ini sangat baik dilakukan sebagai salah satu cara untuk memantau kesehatan mata dan mengobati gejala sakit mata ringan sebelum terlampau parah.

Itulah beberapa tips cara merawat dan menjaga kesehatan mata yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Tips Cara Merawat Kesehatan Mata yang Benar | lawas | 4.5