5 Tips Cara Mencegah Kulit Dehidrasi Saat Berpuasa

Berpuasa bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi, terlebih lagi seperti sekarang ini dimana bulan Ramadhan jatuh pada musim kemarau. Saat dehidrasi, maka tubuh biasanya akan menunjukkan gejala dehidrasi seperti kulit kering dan bibir pecah-pecah.

Tips Cara Mencegah Kulit Dehidrasi Saat Berpuasa

Salah satu cara mencegah kulit mengalami dehidrasi saat puasa adalah dengan memperbanyak minum air putih, tentunya setelah buka puasa hingga menjelang waktu imsak. Selain itu, masih ada beberapa cara lain untuk mencegah kulit dehidrasi selama berpuasa di bulan Ramadhan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mempanyak Minum Air Putih

Memperbanyak minum air putih baik membantu mencukupi kebutuhan akan asupan cairan selama berpuasa dan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Selain dengan minum air putih, untuk mencukupi cairan tubuh bisa juga dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Namun sebaiknya hindari minuman soda karena itu bisa memicu asam lambung. Sementara untuk minuman lainnya yang sebaiknya dihindari adalah kopi dan teh, karena kafein justru bisa menyebabkan tubuh cepat mengalami dehidrasi.

Anda juga bisa mengonsumi air detox, air infused dengan mentimun, mint, dan lemon. Itu akan menghidrasi kulit secara instan dengan vitamin yang kuat-ada vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam folic, Vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium and zinc.

2. Merawat Kulit

Selama berpuasa, kulit akan kehilangan kelembaban akibat kurang hidrasi. Karenanya, anda bisa melakukan peeling dan melembabkan kulit secara teratur. Jangan lupa perhatikan bagian mata, karena lingkar hitam mudah muncul selama bulan itu karena perubahan pola tidur.

Tidurlah delapan jam sehari, bubuhkan krim mata dan letakkan mentimun pada mata untuk mengurangi lingkaran hitam.

3. Jangan Menggunakan Makeup Terlalu Tebal

Hindari menggunakan makeup tebal seperti menggunakan banyak foundation dan concealer. Kombinasi dari sinar matahari yang menyengat dan makeup tebal bisa membahayakan kulit.

Sebagai gantinya, anda bisa memakai sunblock yang tebal dan jika anda menggunakan makeup pada siang hari, maka cobalah produk yang sehat dan melembabkan seperti BB krim dan lip balm dengan SPF.

4. Semprotan Wajah

Simpan semprot wajah di kulkas dan semprotkan di seluruh wajah sebanyak mungkin. Cara itu akan berguna untuk mendinginkan kulit dan menghidrasi secukupnya sepanjang hari.

5. Mengemil

Karena saat puasa hanya boleh makan dan minum di malam hari, maka setelah buka puasa pastikan anda mencukupi dosis harian serat dan antioksidan seperti kacang-kacangan dan berri. Selain antioksidan kaya serat kacang-kacangan dan berri juga rendah lemak jenuh dan kolesterol, dan merupakan sumber baik untuk vitamin dan mineral.

Itulah beberapa tips tentang cara mencegah kulit mengalami dehidrasi saat berpuasa yang dapat kami berikan sebagaimana yang dikutip dari laman Antara News. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Tips Cara Mencegah Kulit Dehidrasi Saat Berpuasa | lawas | 4.5