5 Tips Agar Payudara Sehat

Payudara tidak hanya berfungsi untuk memproduksi ASI, namun payudara juga bisa menambah kecantikan seorang wanita serta juga menambah rasa percaya diri pemiliknya. Karena itu, menjaga kesehatan payudara adalah diharuskan.

Melakukan perawatan payudara secara teratur akan menjaga payudara wanita agar tetap sehat dan mengurangi risiko terkena kanker payudara. Apalagi dengan melakukan perawatan payudara juga bisa menjaga jarak terhadap kondisi payudara kendur dan terinfeksi. Nah, apabila Anda ingin memiliki kondisi payudara yang sehat, laman Healthmeup memberikan tipsnya seperti berikut ini.

1. Pakailah bra yang ukurannya tepat
Menurut hasil studi, delapan dari sepuluh wanita memakai ukuran bra yang salah, dan bahkan mereka tidak menyadarinya. Selain membuat anda tidak nyaman, memakai bra yang tidak pas juga bisa menyebabkan gangguan pada bahu, lengan serta punggung. Anda juga harus tahu bahwa ukuran bra akan berubah setiap kali Anda kehilangan atau berat badan bertambah. Oleh karena itu, pastikan bahwa secara rutin Anda memeriksa ukuran bra Anda dan memilih satu yang tepat dan pas untuk dipakai.

2. Lakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur
Secara rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri bisa menjadi cara terbaik untuk mendiagnosa kanker payudara sejak dini. Pasalnya, tidak ada gejala kanker payudara selain Anda menemukan benjolan di bagian payudara. Setiap wanita harus melakukan pemeriksaan diri setidaknya sekali dalam sebulan. Waktu terbaik untuk melakukan hal ini adalah ketika anda berada di kamar mandi dimana sabun bisa mendeteksi jika ada benjolan, dan Anda bisa merasakannya dengan cepat. Pemeriksaan payudara sendiri sangat penting untuk dilakukan, karena semakin cepat Anda mengetahui adanya benjolan, semakin mudah pengobatannya.

3. Gunakan sunblock
Tidak hanya tangan dan wajah anda yang butuh sunblock, payudara anda pun membutuhkannya. Mengoleskan sunblock untuk payudara bukanlah sesuatu yang mudah diterima. Tapi pikirkanlah untuk memakai sunblock, saat Anda pergi keluar di bawah sinar matahari, jika Anda tidak ingin bebas dari risiko kanker kulit.

4. Jangan mencukur rambut di puting susu Anda
Sebagian orang mungkin akan mendapati adanya bulu atau helai rambut yang muncul dari daerah puting, hingga akhirnya memutuskan untuk mencukurnya. Mencukur mungkin terlihat sebagai cara lebih cepat dan kemudian kurang menyakitkan, tetapi sebenarnya hal itu tidak baik untuk kesehatan payudara Anda. Menggunakan pisau cukur di atas kulit areola sensitif bisa menyebabkan puting terinfeksi. Jangan mengambil risiko itu, tapi cabutlah helai rambut itu sebagai gantinya.

5. Berhenti jalani diet “yoyo”
Diet yoyo sering menyebabkan menurunkan berat badan dalam jangka pendek, namun itu juga akan menaikan berat badan Anda dengan cepat. Cara diet ini adalah ide yang buruk bagi kesehatan payudara Anda karena perubahan berat badan secara konstan akan menyebabkan payudara menyusut atau membesar. Sebaliknya, pilihlah rencana diet sehat yang memungkinkan Anda untuk menurunkan berat badan dan tidak memberikan tekanan pada payudara Anda.

loading...
Loading...
5 Tips Agar Payudara Sehat | lawas | 4.5