5 Sayuran Sehat yang Sebaiknya Dimakan Mentah

Kebanyakan orang akan lebih memilih untuk terlebih dahulu memasak sayuran sebelum menyantapnya. Selain karena alasan kebersihan, dengan memasak maka sayuran akan terasa lebih lunak sehingga lebih mudah dikunyah. Namun, tahukah anda bahwa tidak semua sayuran itu baik dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu?

Ada beberapa jenis sayuran yang akan lebih baik bila dikonsumsi saat masih mentah, dalam artian belum tidak dimasak. Ini karena bila sayur tersebut dimasak, maka akan menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Karena itu, untuk mencegah hilangnya nutrisi, maka lebih baik dimakan mentah.

Para ahli diet juga menganjurkan bahwa, sayuran dengan kandungan selulosa rendah harus dimakan mentah, karena tubuh akan mencerna mereka dengan lebih baik. Nah, mau tahu apa saja sayur yang sebaiknya dimakan mentah? Berikut ulasannya sebagaimana yang dikutip dari laman Torontosun:

1. Selada

Selada adalah jenis sayuran hijau yang sangat mudah dicerna pencernaan kita. Sayuran ini juga kaya akan kandungan air dan nutrisi lain yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Wortel

Sering makan wortel yang masih mentah akan sangat baik dalam membantu tubuh dalam mencegah kanker dan serangan jantung. Selain itu, makan wortel mentah juga akan memberikan manfaat untuk kejernihan mata.

3. Sayuran putih

Bawang putih dan merah memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol, juga risiko penyakit jantung dan kanker lambung. Kandungan senyawa sehat allicin pada bawang putih akan berkurang bila anda memasaknya. Karena itu, ada baiknya bila anda ingin menambahkan bawang putih pada masakan, tambahkan pada akhir proses memasak.

4&5. Tomat dan mentimun

Dua sayuran tersebut, tomat dan mentimun, memiliki kandungan air yang tinggi yang memiliki mineral esensial yang dibutuhkan tubuh.

loading...
Loading...
5 Sayuran Sehat yang Sebaiknya Dimakan Mentah | lawas | 4.5