5 Peran Penting Ayah Bagi Anak Balitanya

Tidak kalah dengan peran seorang ibu, peran ayah juga sangat penting dalam kehidupan balita. Ayah tidak hanya dibutuhkan balita untuk memenuhi kebutuhan materi, namun lebih dari itu. Kehadiran seorang ayah turut berperan penting dalam mengembangkan kepribadian dan psikologi anak. Karena itu tidak mengherankan bila ada saat-saat di mana balita lebih mencari ayahnya ketimbang ibunya.

Ada beberapa karakteristik ayah yang memiliki peran penting dalam hidup seorang anak yang berbeda dari ibu. Hal ini jugalah yang menjadi alasan kenapa ayah harus semakin mengeratkan hubungan atau bonding dengan balita. Dalam hidup balita, ayah memiliki peran penting sebagai:

1. Penyelesai masalah

Ayah bisa menunjukkan kepada balita ada banyak cara mengambil keputusan dan mengajarkannya menghadapi konsekuensi dari tindakan dan keputusannya. Jika balita bisa dan terbiasa mengambil keputusan dengan tepat, maka ia tidak akan menjadi anak yang agresif.

2. Teman bermain

Ayah adalah sosok yang jago dalam melakukan berbagai kegiatan fisik yang menguras energi. Permainan fisik tidak hanya melatih otot dan koordinasi, namun juga bisa digunakan untuk mengajarkan aturan, seperti bermain secara bergantian, dan sebagainya.

3. Pembimbing atau pemandu

Ayah bisa mengajarkan perilaku yang baik, membantu anak membedakan mana yang benar dan mana yang salah, membiarkan balita mengalami dan merasakan konsekuensi dari perbuatan mereka. Ayah harus seimbang antara mengoreksi perbuatan yang tidak baik dan menyemangati anak dengan pujian bila balita berperilaku baik.

4. Penyedia

Ingatlah, bahwa ayah juga bertanggung jawab dalam pengasuhan anak. Bila ayah hanya berperan sebagai pencari uang, maka ayah akan terjebak dalam rutinitas pekerjaannya dan tidak bisa mengembangkan diri.

5. Mempersiapkan masa depan

Ayah harus terlibat dalam mempersiapkan anak menghadapi dunia luar, termasuk dalam hal melindungi anak saat dibutuhkan.

Ayah bisa menjadi sosok yang sangat menyenangkan bagi balita. Tinggal bagaimana anda menempatkan diri sebagai seorang ayah di mata balita anda. Bukankah demikian?

Itulah beberapa informasi singkat mengenai peran ayah dalam kehidupan anak balita sebagaimana yang dikutip dari laman AyahBunda. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Peran Penting Ayah Bagi Anak Balitanya | akbar | 4.5