Loading...

5 Penyebab Sering Menderita Migrain atau Sakit Kepala Sebelah

Sakit kepala merupakan jenis gangguan kesehatan yang umum dialami oleh banyak orang. Jenis sakit kepala pun ada beragam, salah satunya yang sering dialami adalah migrain. Pun demikian halnya dengan sakit migrain, penyakit ini pun ada banyak jenisnya.

Migrain juga dikenal sebagai sakit kepala sebelah. Karena memang sakit kepala yang dirasakan umumnya hanya pada sebelah saja, walau tidak menutup kemungkinan juga dialami pada kedua sisi kepala. Rasa yang ditimbulkan ketika seseorang mengalami migrain adalah rasa berdenyut-denyut di satu atau kedua sisi kepala di sekitar area pelipis, dahi hingga ke mata. Pada kondisi tertentu bahkan migrain bisa menimbulkan rasa mual, muntah, bahkan kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara di sekitar.

Faktor Penyebab Sakit Kepala Sebelah atau Migrain

Walaupun penyebab pasti dari migrain belum diketahui, namun seseorang yang mengalami migrain biasanya dipicu oleh karena beberapa faktor. Beberapa diantaranya adalah seperti yang dikutip dari laman Health berikut ini:

1. Sering kehujanan
Kehujanan menyebabkan perubahan drastis suhu luar dan dalam tubuh. Karena itu setelah kehujanan dianjurkan untuk segera mandi.

Hasil dari sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Harvard University menemukan hasil bahwa adanya risiko 7,5 persen pada seseorang yang mengalami migrain akibat dari cuaca dingin, kehujanan, dan peningkatan suhu ekstrem di lingkungan sekitar.

2. Melewatkan makan siang
Tidak sedikit orang yang melewatkan makan siang di sela aktivitasnya dengan alasan karena sibuk. Tapi hati-hati, karena kebiasaan buruk ini ternyata bisa memicu seseorang mengalami migrain yang menyebabkan penurunan kadar gula darah atau bahkan mengganggu sistem metabolisme tubuh.

3. Kurang mendapat sinar matahari pagi
Paparan matahari pagi mengandung tinggi vitamin D yang berguna untuk mencegah sakit kepala atau migrain, dan beberapa penyakit lainnya. Karena itu, bukalah semua jendela rumah terumata bagian kamar. Carilah udara segar dan paparan sinar matahari pagi.

4. Mengonsumsi daging olahan
Bahan pengawet yang ada di dalam daging olahan bisa menyebabkan pembuluh darah membesar, sehingga mudah membuat sakit kepala. Karena itu, hindari konsumsi berlebihan makanan yang dibuat dari daging olahan seperti burger, hot dog, bacon, salami, sosi dan lainnya karena bisa memicu migrain.

5. Kurang mengonsumsi air
Sakit kepala sebelah atau migrain juga bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kurang minum air putih. Hasil penelitian kecil yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology menunjukkan, seseorang yang kurang minum air putih kurang dari delapan gelas sehari, lebih cepat mengalami sakit kepala yang akut.

Itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala sebelah atau sakit migrain. Semoga berguna.

Sementara itu, untuk cara mengatasi sakit kepala karena migrain bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan melakukan yoga. Minum wedang jahe, pijat dan kompres juga bisa menjadi salah satu cara meredakan sakit kepala migrain yang bisa dicoba.

loading...
Loading...
5 Penyebab Sering Menderita Migrain atau Sakit Kepala Sebelah | akbar | 4.5