5 Penyebab Miss V Sering Gatal

Banyak wanita yang sering merasa gatal di area kemaluannya atau miss V. Rasa gatal ini seringkali membuat wanita merasa malu, terlebih bila gatal muncul saat sedang ada banyak orang di sekitarnya.

Sebenarnya gata di sekitar organ vital wanita ini termasuk hal yang umum dialami oleh wanita. Meski demikian, munculnya gatal ini juga tidak tidak boleh disepelekan begitu saja. Terlebih lagi bila ternyata gatal yang terjadi pada miss V tersebut disertai juga dengan bau tidak sedap dan terjadinya keputihan.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin bisa jadi penyebab gatal pada area miss V tersebut:

1. Bacterial Vaginosis

Menurut Lauren Streicher, MD, yang merupakan seorang penulis buku Sex Rx: Hormones, Health, and Your Best Sex Ever, seperti dilansir laman Womens Health Magazine, Bacterial vaginosis (BV alias) adalah alasan paling umum munculnya gatal di miss ini. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan dalam bakteri sehat dan perubahan pH pada miss Vv. Bentuknya mirip dengan infeksi jamur, berair dan biasanya memiliki bau.

2. Infeksi ragi

Sebagaimana BV, infeksi jamur diakibatkan oleh pH miss V yang rusak. Infeksi ragi biasanya disebabkan oleh penggunaan antibiotik, jenis kelamin, stres, atau perubahan diet. Selain gatal gejala infeksi ragi ini juga bisa berupa keluarnya cairan yang biasanya kental dan berwarna putih.

3. Eksim atau Psoriasis

Gangguan kulit genetik bisa menyebabkan kemerahan, ruam dan gatal-gatal di daerah kelamin wanita.

4. Kontak dermatitis

Iritasi kulit ini disebabkan oleh alergi terhadap produk tertentu, biasanya dari parfum, kondom, menggunakan produk kebersihan hypoallergenic, seperti sampo, pelembut kain, deterjen dan pelumas. Gejalanya bisa berupa gatal, kemerahan, bengkak dan penebalan kulit.

5. Liken sklerosus

Kondisi ini serius dan penyebab gatal vulva berupa gejala bintik-bintik putih pada kulit. Penyebabnya bisa datang dari mana saja seperti misalnya adalah dari hormon atau sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif. Sclerosus Lichen perlu didiagnosa oleh dokter kandungan dan diobati dengan obat resep.

Nah, itulah beberapa penyebab miss V gatal yang mungkin terjadi pada anda. Untuk lebih jelasnya mengenai rasa gatal yang sering terjadi pada area intim anda, maka tidak ada salahnya anda untuk mengunjungi dokter terkait.

loading...
Loading...
5 Penyebab Miss V Sering Gatal | lawas | 4.5