5 Obat Batuk Herbal dari Bahan Alami

Batuk sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Namun merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi yang terjadi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap atau sebagainya.

Penyebab batuk ada beberapa macam. Umumnya batuk disebabkan oleh karena adanya infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu atau adanya benda asing yang masuk kedalam saluran napas.

Saat batuk menyerang, aktivitas dan konsentrasi pun jadi terganggu. Dan yang cukup menjengkelkan adalah saat akan tidur, karena batuk membuat kita jadi susah tidur. Oleh karena itulah maka saat batuk menyerang, perlu untuk dilakukan pengobatan dengan segera.

Saat ini sudah ada banyak jenis obat batuk, baik itu obat batuk kering atau obat batuk berlendir yang dijual di apotik dan bahkan warung di dekat rumah. Namun selain dengan obat batuk modern berbahan kimiawi, ada cara mengobati batuk dengan menggunakan bahan yang alami.

Berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati batuk:

1. Air hangat dan garam

Membuat larutan garam dan air hangat bisa dilakukan saat anda mulai merasakan nyeri di tenggorokan. Garam dalam air bisa membantu mengalirkan kelebihan cairan di daerah yang meradang di tenggorokan. Selain itu, berkumur juga bisa menghilangkan iritasi di tenggorokan dan mengencerkan lendir. Jadi penggunaan air hangat dan garam ini cocok digunakan sebagai obat batuk berdahak.

2. Konsumsi santapan yang hangat

Minum air hangat bisa menjadi cara yang baik untuk menenangkan peradangan di tenggorokan karena batuk. Dibandingkan segelas teh herbal panas, semangkuk sup hangat adalah solusi yang jauh lebih baik untuk membantu meredakan batuk.

3. Madu

Madu sudah sejak dulu dikenal untuk menenangkan tenggorokan teriritasi lapisan dan mengurangi batuk.

Pada anak di atas usia 2 tahun menunjukkan, madu bisa membantu mereka batuk kurang dan tidur lebih baik, demikian menurut hasil studi dari Penn State School of Medicine.

4. Bawang putih

Bawang putih merupakan cara yang efektif antimikroba dan ekspektoran. Yang membuat agen yang berharga untuk melawan batuk. The University of Maryland Medical Center menunjukkan, bawang putih dapat membantu mencegah pilek dan mengurangi gejala batuk.

5. Jahe

Salah satu cara termudah untuk meredakan batuk kering adalah dengan bantuan satu ruas jahe segar, taburi sedikit garam di atasnya dan mengunyahnya selama beberapa menit.

Itulah beberapa obat batuk dari bahan alami yang bisa anda coba. Namun bila ternyata batuk yang anda alami tidak juga kunjung sembuh, maka segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan informasi lebih jelas mengenai penyebab dan solusi untuk mengobatik batuk yang anda derita.

loading...
Loading...
5 Obat Batuk Herbal dari Bahan Alami | lawas | 4.5