5 Menu Makan Sehat dan Praktis Sebagai Pelengkap Sahur

Telat bangun seringkali menjadi alasan seseorang untuk tidak makan sahur. Hasilnya, saat siang hari pun tubuh akan merasa lemas karena kurangnya asupan nutrisi. Tidak jarang pula yang akhirnya harus membatalkan puasa karena alasan tidak kuat. Padahal, sebenarnya kita bisa menyediakan menu makan sahur yang praktis dan tentunya bergizi tinggi yang akan menunjang puasa.

Menu Makan Sehat dan Praktis Pelengkap Sahur

Berikut adalah beberapa menu makanan sehat yang praktis untuk dihidangkan saat makan sahur anda dan keluarga:

1. Oat

Oat adalah sumber serat yang akan membantu memperlambat pelepasan energi. Mengonsumsi oat akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Agar lebih mengenyangkan, maka anda bisa memasak oat dalam susu. Anda bisa menambahkan rasa manis dengan memercikan madu dan buah kering seperti kismis misalnya. Bila anda terburu-buru, maka anda pun bisa memakai oat instan untuk makan sahur.

2. Selai kacang dan pisang

Selai kacang adalah makanan sumber protein yang tinggi. Adanya kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam kacang akan memberi efek mengenyangkan. Anda bisa mengoleskan selai kacang pada selembar roti gandum. Kemudian tambahkan irisan pisang di atasnya untuk membantu mengatasi keinginan makan di siang hari.

3. Telur rebus

Telur adalah sumber protein dan vitamin D yang baik. Meski tinggi kolesterol, namun kolesterol dalam makanan punya efek lebih kecil pada tingkat kolesterol darah dibanding lemak jenuh. Orang dengan tingkat kolesterol darah yang tinggi masih bisa mengonsumsi dua butir telur per minggu.

4. Smoothie buah

Smoothie buah bisa jadi pelengkap sahur. Cobalah buat smoothie rendah gula agar tidak memicu rasa lapar. Misalnya anda bisa mengkombinasikan chia seed, yogurt, anggur dan es. Anda bisa mendapat asupan omega 3, serat dan protein sekaligus sambil menjaga keseimbangan gula darah. Anda pun bisa mengkreasikan juga smoothie buah lainnya sesuai selera.

5. Salad

Buah dan sayur kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan. Tidak hanya itu saja, keduanya juga tinggi akan kandungan serat yang akan memberi rasa kenyang.

Anda bisa mengolah buah-buahan menjadi salad yang segar. Anda juga bisa menambahkan kacang-kacangan seperti almond dan kacang mete ke dalamnya. Untuk menambah rasa manis, maka anda bisa memercikan madu. Sayuran juga bisa dijadikan sebagai salad. Selain dikonsumsi mentah, sayur juga bisa direbus. Tapi ingat, jangan terlalu lama merebus sayur untuk mencegah hilangnya nutrisi penting pada sayur.

loading...
Loading...
5 Menu Makan Sehat dan Praktis Sebagai Pelengkap Sahur | akbar | 4.5