5 Manfaat Minyak Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kunyit bagi orang Indonesia mungkin belum cukup dikenal. Padahal, di beberapa negara, manfaat minyak kunyit ini sudah cukup dikenal. Termasuk pemanfaatan minyak kunyit adalah sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Di dalam minyak kunyit, terkandung senyawa anti-inflamasi dan anti-bakteri serta curcumin. Ini menjadikan minyak kunyit bisa digunakan sebagai minyak esensial yang kuat. Demikian menurut hasil dari beberapa studi yang pernah dilakukan.

Cara Membuat Minyak Kunyit

Cara membuat minyak kunyit biasanya dilakukan melalui proses penyulingan. Rimpang kunyit atau kunir pilihan yang sudah didestilasi, lalu dimurnikan agar memperoleh hasil yang terbaik berupa minyak kunyit murni yang nantinya bisa digunakan untuk pemakaian sehari-hari maupun spa dan aromaterapi.

Destilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam proses penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu.

Manfaat Minyak Kunyit

Meski harga minyak kunyit (Turmeric Oil) sendiri terbilang mahal di negara eropa. Namun pemakaian minyak kunyit sudah bukan hal asing dilakukan di negara-negara eropa. India merupakan salah satu negara yang yang menjadi produsen minyak kunyit terbesar. Sementara itu Indonesia merupakan pemasok bahan baku kunyit terbesar.

Kepopuleran minyak kunyit juga semakin dikenal dengan semakin banyaknya penggunaan minyak kunyit sebagai bahan alternatif pengobatan kimia yang memiliki risiko efek samping lebih tinggi.

Sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky, berikut ini adalah sejumlah manfaat minyak kunyit untuk kesehatan. Diantaranya:

1. Mengatasi Masalah Kecemasan

Minyak kunyit memiliki efek untuk menenangkan ketika dijadikan aromaterapi, sehingga juga mengusir stres. Karena itu seringkali minyak kunyit digunakan untuk membantu mengatasi masalah kecemasan.

2. Mencegah Kanker

Menyertakan minyak kunyit dalam diet harian akan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan. Hal ini sebagaimana temuan dari beberaa penilitian dimana minyak kunyit terdiri dari sifat anti-kanker yang dapat memainkan peran penting mencegah penyakit kanker.

3. Menyehatkan Liver

Manfaat minyak kunyit tidak hanyabisa mendetoksifikasi organ liver, namun juga bisa mencegah berbagai masalah kesehatan terkait. Sifat anti-bakteri dari minyak esensial ini memungkinkan untuk melawan bakteri penyebab infeksi di liver. Karena itu anda harus mempertimbangkan untuk memasukkan minyak kunyit dalam diet harian.

4. Membuat Kulit dan Rambut Sehat

Anda bisa menyertakan minyak esensial ini dalam diet harian dan merasakan manfaatnya untuk kulit dan rambut. Karena kunyit telah digunakan oleh sebagian besar wanita di seluruh dunia untuk mendapatkan kulit indah dan rambut sehat.

5. Membuat Wajah Awet Muda

Setiap orang tentunya ingin memiliki wajah yang selalu terlihat awet muda, terutama adalah kaum wanita. Nah, pencampuran dari minyak kunyit dan minyak zaitun bisa memberikan efek baik untuk membuat anda tampil awet muda.

Untuk cara membuat ramuan awet muda bisa dilakukan dengan cara mencampur 50 ml minyak zaitun dengan 10 ml minyak kunyit (atau bisa juga dengan 3 sdt serbuk kunyit) dalam wadah toples. Aduk hingga rata dan bahan tercampur sempurna, setelah itu tutup.

Biarkan campuran berada dalam toples selama seminggu, dan setiap harinya anda perlu mengocok wadah toples sekali dalam sehari. Pada hari kedelapan, ambil campuran minyak zaitun dan minyak kunyit dan tuang dalam botol agar pemakaiannnya nanti lebih mudah.

Anda bisa memanfaatkan campuran minyak ini untuk perawatan kulit dan wajah sehari-hari, dimana ia akan memberikan manfaat mengencangkan dan mecerahkan warna kulit muka. Juga flek hitam di wajah karena bekas jerawat bisa hilang dengan menggunakan zampuran minyak zaitun dan minyak kunyit ini.

loading...
About these ads

Loading...
5 Manfaat Minyak Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan | akbar | 4.5
bagian wajah mana yang membuat wanita kelihatan cantik, cem cem dan minyak zaitun