5 Manfaat Mandi Uap atau Sauna Untuk Kesehatan

Mandi uap atau sauna merupakan aktivitas yang sehat untuk mengeluarkan keringat dengan cara menguapi badan melalui uap panas, kamar mandi uap atau sauna dapat ditemui di tempat gym, klub kesehatan, hotel dan bahkan di rumah. Jika Anda memiliki kesibukan tinggi, tidak ada salahnya mengisi libur Anda dengan pergi ke sauna, karena mampu memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh.

Manfaat mandi uap atau sauna untuk kesehatan salah satunya untuk meredakan stress akibat kerjaan yang menumpuk, pada dasarnya mandi uap dapat memperlancar aliran darah dan cara ampuh menenangkan pikiran sehingga suasana kembali menjadi rileks. Berikut inilah beberapa manfaat mandi uap atau sauna untuk kesehatan seperti dirangkum dari healthmeup.com.

1. Melemaskan Otot dan Sendi

Menghabiskan waktu libur Anda di kamar uap atau sauna dapat membantu menurunkan resiko radang sendi, fibromyalgia atau stress, mandi uap juga dikenal sebagai cara ampuh dan alami untuk pemulihan nyeri otot secara cepat.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jika Anda mengalami susah tidur, cobalah pergi ke sauna untuk mandi uap, bisa memberikan sensasi menenangkan yang dapat membuat tubuh dan pikiran merasa nyaman. Relaksasi ini dapat mengusir stress sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Mengurangi Migrain dan Sakit Kepala

Sakit kepala atau migraim biasanya disebabkan oleh aktivitas yang berat dan kurangnya asupan makanan sehat serta kurang tidur, sehingga mengakibatkan ketegangan otot di kepala. Duduk santai di ruang uap atau sauna dapat membantu meringankan resiko tersebut.

4. Membuat Kulit Awet Muda

Pada saat mandi uap atau sauna akan mengeluarkan banyak keringat. Nah, saat berkeringat pori-pori kulit akan membuka, kemudian setelah sauna segera cuci kulit untuk menghilangkan kuman atau kotoran, ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan keriput.

5. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Uap mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, mandi uap juga mampu meningkatkan denyut hingga 30 persen atau hampir lebih dua kali lipat dari jumlah darah yang dipompa oleh jantung setiap menitnya. Dengan sering melakukan sauna dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan fungsi jantung.

Selain itu, mandi uap atau sauna juga membantu meningkatkan mobilitas sendi dan fleksibilitas tubuh, serta mengontrol rasa sakit dan kekakuan bagi orang-orang yang menderita rematik. Jadi, setelah mengetahui manfaat mandi uap atau sauna, anda tertarik mencobanya?

loading...
Loading...
mandi uap, manfaat mandi uap, khasiat mandi uap, gambar sauna, manfaat mandi uap bagi kesehatan, mandi u, manfaat rumah sauna, manfaat mandi uap untuk jerawat, Apa manfaat mandi uap air panas?, khasiat ukop, apakah sauna sehat bagi kesehatan, uap badan

5 Manfaat Mandi Uap atau Sauna Untuk Kesehatan | akbar | 4.5