5 Manfaat Internet untuk Anak

Internet saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia. Hampir setiap hari dan setiap waktu kita selalu berhubungan dengan internet. Tidak perduli usia, mulai dewasa hingga anak-anak pun kini sudah terbiasa dengan internet. Contoh paling mudah dari pemanfaat internet adalah media sosial.

Namun banyak orang tua yang merasa khawatir akan bahaya atau dampak buruk dari penggunaan internet. Ya, bila tidak digunakan secara bijak, internet memang bisa berbahaya.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari penggunaan internet oleh anak-anak. Berikut ulasan singkat mengenai manfaat internet untuk anak sebagaimana yang dikutip dari laman Familyshare.

1. Menjaga hubungan

Anak-anak yang terpisah jauh dengan orangtua karena perceraian atau dinas militer, menderita secara emosional. Demikian pula dengan anak yang pindah ke kota lain sehingga terpisah dengan teman-temannya. Nah, melalui internet mereka bisa terus berhubungan dengan orang-orang yang dicintai.

2. Memperoleh e-education

Saat ini kita hidup di era digital. Internet menambah wawasan anak tentang dunia, membantu anak belajar instruksi komputer, akses mudah mengikuti kelas online, membantu anak yang di desa dekat dengan pusat kota.

3. Solusi rahasia

Bagi remaja yang memiliki masalah pribadi, mungkin mereka malu bercerita dengan orangtua atau teman. Namun bila mereka cerdas, di dunia maya tersedia ruang konsultasi dengan para ahli, mereka bisa menemukan solusinya di situ.

4. Menambah teman

Sebagai orang tua sudah sewajarnya bila mengkhawatirkan bila melihat anak-anaknya berkomunikasi dengan orang asing. Namun selama kontrol orangtua berjalan baik, manfaat sosialnya lebih bisa dirasakan. Kualitas anak dalam berhubungan interpersonal bisa terbentuk.

5. Kegiatan kreatif

Bila dibandingkan dengan sekolah formal, maka biaya kursus seni musik lebih mahal. Namun di internet ada banyak forum atau situs gratis belajar kesenian. Karena itu anak-anak bisa belajar dari internet dan berbagi ilmu atau pengalaman dengan pengguna lain.

Nah, untuk orang tua maka sebenarnya tidak perlu khawatir akan penyalah gunaan internet oleh anak. Karena orang tua bisa menghindari akan dampak buruk internet bagi anak dengan memberikan pengajaran tentang bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan internet yang benar.

loading...
About these ads

Loading...
5 Manfaat Internet untuk Anak | akbar | 4.5