5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Daun sirih sejak dulu sudah terkenal sebagai salah satu tumbuhan yang mempunyai beragam manfaat. Daun sirih terkenal bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Minyak atsiri yang dihasilkan dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

1. Daun sirih untuk obat mimisan

Mimisan atau keluar darah dari hidung bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Cara mengobati mimisan bisa dilakukan dengan cara: gulung sambil ditekan selembar daun sirih agar keluar minyaknya. Kemudian gunakan gulungan daun sirih tersebut untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

2. Daun sirih untuk mengobati diare

loading...

Selain menggunakan jambu biji, diare atau mencret bisa diobati dengan menggunakan daun sirih. Tumbuk 4 – 6 lembar daun sirih, 6 biji lada dan 1 sendok makan minyak kelapa bersama-sama sampai halus, kemudian gosokkan pada bagian perut. Lakukan berulang-ulang sampai diare sembuh.

3. Daun sirih untuk mengobati sakit gigi

Kalau Anda sedang sakit gigi, Anda bisa memanfaat daun sirih untuk mengobati rasa sakit gigi Anda. Cara mengobati sakit gigi dengan daun sirih yaitu; rebus daun sirih dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah dingin, gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur. Ulangi cara tersebut sampai rasa sakit gigi Anda berkurang atau hilang.
Cara lainnya bisa juga dilakukan dengan meremas 2 lembar daun siri bersama dengan garam secukupnya. Selanjutnya, seduh dengan air panas sebanyak 1 gelas dan aduk sampai garam larut. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

4. Daun sirih untuk mengobati bronkitis

Bronkitis adalah suatu peradangan pada cabang tenggorok (bronchus – saluran udara ke paru-paru). Untuk cara mengobati bronkitis menggunakan daun sirih, rajang halus 7 lembar daun sirih kemudian rebus bersama sepotong gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 1 gelas. Setelah it disaring. Minumlah air rebusan 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.

5. Daun sirih untuk mengatasi keputihan

Keputihan biasanya membuat rasa gatal disekitar daerah kemaluan wanita. Untuk mengatasinya, rebus 7 – 10 lembar daun sirih dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih yang masih hangat untuk membasuh dan membersihkan daerah seputar kemaluan wanita secara berulang-ulang.

loading...
Loading...
cara ngeluarin biji jambu di gigi, daun sirih untuk membersihkan paru paru, jambu gelas n pelem, manfaat jambu gelas, manfaat sirih untuk untuk mengobati diare

5 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan | chsa | 4.5