5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui

Buah mangga bisa dikonsumsi dengan cara langsung memakan daging buahnya atau bisa juga dibuat menjadi minuma jus mangga yang menyegarkan. Selain itu, di beberapa daerah di Indonesia, ada juga yang menjadikan buah mangga muda sebagai bahan untuk membuat sambal yang lezat rasanya.

Tidak hanya lezat rasanya, namun mengonsumsi buah mangga juga akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ini karena banyaknya kandungan nutrisi pada buah mangga. Beberapa nutrisi yang ada pada buah mangga misalnya adalah kaya akan protein, serat, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, vitamin K, asam folat, dan potasium. Karena itulah, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa makan buah mangga akan memberikan khasiat kesehatan untuk tubuh kita.

Berikut adalah manfaat dan khasiat dari buah mangga bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah asma

Hasil penelitian membuktikan bahwa risiko perkembangan penyakit asma berkurang pada mereka yang mengonsumsi buah mangga. Mangga yang kaya akan beta karoten memainkan peran penting dalam mencegah asma.

2. Menurunkan kolesterol

Kandungan serat, pektin, dan vitamin C yang terkandung pada buah mangga dalam jumlah tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol. Mangga mengurangi kolesterol jahat dari darah, dan dengan ini serangan jantung bisa dicegah.

3. Meningkatkan sistem imun

Buah mangga tidak akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Bila sistem pencernaan baik, maka benda asing yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan bisa dicegah sedini mungkin. Selain itu, adanya kandungan vitamin C yang terdapat dalam mangga juga baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

4. Meningkatkan kekuatan otak

Kandungan vitamin B6 dalam daging buah mangga baik untuk mempromosikan kesehatan kognitif (memori). Ini juga mampu memperbaiki kemampuan konsentrasi bahkan mencegah kepikunan.

5. Mengatur diabetes

Tidak hanya buah mangga saja yang bisa bermanfaat untuk kesehatan, namun daun mangga juga bisa dimanfaatkan untuk pengobatan, yaitu sebagai obat diabetes. Daun mangga bisa dijadikan sebagai terapi bagi penderita diabetes. Caranya adalah dengan merebus 5-6 daun mangga. Air rebusan yang sudah didinginkan selama semalaman bisa diminuma pada pagi harinya. Ramuan ini bisa membantu meregulasi kadar insulin.

Demikian adalah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan sebagaimana yang dikutip dari laman Boldsky. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
penyakit yang bisa dicegah dengan makan mangga

5 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui | lawas | 4.5