5 manfaat buah leci bagi kesehatan

Buah leci menyimpan banyak manfaat kesehatan di balik kemasannya yang kecil. Buah berwarna putih ini sarat akan asam lemak tak jenuh yang membantu dalam penyerapan beta karoten dan vitamin larut lemak lainnya. Mengonsumsi buah ini secara rutin juga baik untuk mencegah kerusakan sel serta mampu mengurangi risiko stroke. Namun demikian, pastikan Anda mengonsumsi buah leci segar, bukan leci kalengan yang mengandung banyak gula.

Lantas, apa saja manfaat buah leci bagi kesehatan? Simak ulasan berikut.

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Leci mengandung vitamin B kompleks dan serat di dalamnya sehingga dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh seseorang. Selain itu, leci juga dapat menekan nafsu makan sehingga Anda terhindar dari kenaikan berat badan.

2. Mendorong pembentukan darah
Buah leci tinggi akan mangan, magnesium, tembaga, zat besi, dan folat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Anda yang mengalami anemia atau kekurangan darah disarankan untuk mengonsumsi leci.

3. Mencegah hipertensi
Buah leci juga tinggi akan kalium yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat natrium di dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi serta mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

4. Mencegah penyakit jantung
Serat dalam leci bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan meningkatkan kesehatan jantung. Serat ini mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Anda yang memiliki riwayat jantung pun disarankan untuk sering mengonsumsi leci.

5. Mencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan dan azat anti-aging di dalam buah leci mampu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan dini. Jadi Anda bisa tetap terlihat awet muda dengan cara yang lebih alami.

loading...
Loading...
5 manfaat buah leci bagi kesehatan | akbar | 4.5