5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Jenis-Jenis Buah Anggur dan Manfaatnya untuk KesehatanAnggur merupakan jenis tanaman buah yang dapat tumbuh subur di dataran rendah, anggur ini dapat dijadikan olahan seperti jus anggur maupun dikonsumsi langsung. Pada musim kemarau tidak akan kesulitan menemukan buah ini di toko buah-buahan, karena memang musim anggur terjadi pada musim kemarau atau musim panas. Dimana merupakan waktu yang baik untuk pertumbuhannya yang memerlukan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Lantas, apa saja manfaat konsumsi buah anggur?

Kandungan senyawa dalam buah anggur memiliki manfaat besar untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu menjaga tubuh agar tetap terlihat awet muda, hal ini karena kandungan senyawa polifenol yang kuat dan vitamin yang hadir mampu mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. Berikut khasiat buah anggur lainnya seperti dirangkum dari The Health Site.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat buah anggur membantu mencegah penyakit jantung dengan menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL), berkat kandungan senyawa polifenol dan flavonoid dalam anggur, yang mana memiliki efek untuk mengurangi peradangan dan menghambat agregasi trombosit yang mempromosikan aterosklerosis dan penyebab serangan jantung.

2. Mencegah Kanker

Buah anggur memiliki antioksidan seperti myricetin dan quercetin dalam mencegah sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan antioksidan itu dan membawa sifat anti-inflamasi membuatnya sangat berkhasiat dalam mencegah kanker.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata memiliki peranan penting dari tubuh kita seperti untuk membantu dalam melihat, maka agar sepasang mata dapat berfungsi dengan baik, bisa konsumsi buah anggur pasalnya dalam buah anggur mengandung kaya antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin membantu mencegah penurunan fungsi mata akibat faktor usia.

4. Mencegah Sembelit

Jika Anda menderita sembelit maka direkomendasikan untuk minum jus anggur, serat anggur dapat membantu dalam meningkatkan produksi enzim pencernaan dan mendorong pergerakan makanan yang dicerna melalui usus sehingga buang air besar menjadi lancar.

5. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan dapat konsumsi anggur, dalam 100 gram hanya berisi 67 kalori, terlebih buah anggur kaya akan serat dan air sehingga membuat perut tetap kenyang dan mengurangi rasa lapar sepanjang hari.
Selain itu, buah anggur juga memiliki manfaat dalam membantu mengeluarkan racun dalam tubuh karena kandungan airnya yang tinggi, kandungan air hampir 80 persen sehingga makan anggur dapat menjaga tubuh dari dehidrasi dan mencegah hilangnya mineral melalui keringat. Jadi, jangan ragu untuk memasukan anggur dalam menu diet sehat Anda.

loading...
Loading...
5 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh | chsa | 4.5