5 Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah

Apapun bila berlebihan pastinya tidak baik. Begitu juga dengan kolesterol.

Dalam batas normal, kolesterol sebenarnya baik bagi tubuh. Salah satu fungsi koleterol adalah pembungkus jaringan saraf dan melapisi membran sel. Sementara bila kadar kolesterol dalam darah itu terlalu tinggi, maka akan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, diantaranya adalah menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah jantung serta pembuluh darah otak.

Karena itu, sangat penting untuk menjaga kolesterol darah agar tetap dalam batas normal. Salah satunya adalah dengan makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Berikut beberapa diantaranya sebagaimana yang dikutip dari laman Healthmeup:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang dapat merusak sel. Selain itu, teh hijau dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Minumlah teh hijau setidaknya empat cangkir setiap harinya, tentunya diikuti dengan diet seimbang agar mendapatkan hasil maksimal.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kedelai dan kacang polong mengandung serat yang tinggi, vitamin B serta fitonutrien. Nutrisi ini dapat melindungi jantung dan serta menurunkan kolesterol. Jadi sebaiknya selalu konsumsi kacang-kacangan pada setiap makanan yang hendak Anda konsumsi.

3. Gandum/Oat

Gandum dapat membantu menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Serat yang ada dalam gandum dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Pastikan Anda rutin untuk mengonsumsi gandum setiap harinya.

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam dapat menurunkan kolesterol. Tapi, dianjurkan hanya makan satu hingga dua kotak cokelat hitam dengan kandungan 60% kakao. Kelebihan mengonsumsi cokelat hitam dapat mengakibatkan obesitas karena tinggi kandungan kalori.

5. Kacang

Menurut beberapa penelitian, kacang mete, walnut dan kacang tanah dapat menurunkan kadar kolesterol. Jadi konsumsilah kacang segenggam tangan setiap harinya. Perlu Anda ingat, meskipun kacang sangat sehat, kacang juga tinggi kandungan kalori. Makanlah kacang tetap pada batasan segenggam tangan setiap harinya.

Itulah beberapa makanan sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa anda konsumsi setiap harinya. Dengan makan makanan sehat seperti diatas, maka hidup anda akan terbebas dari resiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung koroner dan juga stroke.

loading...
Loading...
5 Makanan untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah | lawas | 4.5