5 Makanan Sehat untuk Penderita Anemia yang Harus Dikonsumsi

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, maka jumlah sel darah merah dalam tubuh harus dalam kondisi normal. Ketika jumlah sel darah merah berkurang maka yang terjadi adalah anda akan mengalami anemia. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara meningkatkan sel darah merah, salah satunya adalah dengan makanan yang memiliki manfaat untuk meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dan membuat tubuh anda kembali sehat.

Makanan Sehat untuk Penderita Anemia

Karena alasan yang praktis dan lebih mudah, maka banyak orang lebih memilih mengonsumsi obat kimia untuk meningkatkan sela darah merah sehingga terhindar dari anemia. Padahal, sebenarnya untuk meningkatkan sel darah merah bisa dilakukan dengan mengonsumsi makan sehat yang ada di sekitar kita.

Laman Boldsky menjelaskan tentang lima jenis makanan yang harus dikonsumsi oleh penderita anemia untuk membantu meningkatkan jumlah sel darah merah. Berikut adalah makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita anemia:

1. Buah bit

Buah bit merupakan sumber makanan yang baik untuk mencukupi kebutuhan akan vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin ini mampu meningkatkan jumlah sel darah merah anda.

2. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dan seledri terbukti mampu meningkatkan sel darah merah anda. Selain baik untuk kesehatan darah, jenis sayuran ini juga baik untuk mengontrol berat badan serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Makanan kaya zat besi

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain membuat tulang menjadi kuat, zat besi juga memperlancar pasokan oksigen ke dalam sistem peredaran darah. Akibat dari kekurangan zat besi adalah menyebabkan penyakit anemia. Adapun contoh makanan yang mengandung zat besi misalnya daging merah, kentang, kismis, dan tiram.

4. Kacang almond

Kacang almond kaya akan kandungan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan sel darah merah. Mengonsumsi 1 ons kacang almond per hari mampu mencukupi kebutuhan zat besi harian anda.

5. Buah-buahan

Mengonsumsi buah setiap hari sangat dianjurkan bagi penderita anemia. Karena selain bergizi, buah juga efektif untuk meningkatkan jumlah darah di dalam tubuh. Anda bisa cpba mengonsumsi aprikot, semangka, apel, anggur, dan kismis untuk meningkatkan aliran darah di dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh penderita anemia untuk membantu meningkatkan kadar sel darah merah dalam tubuh. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
manfaat daun kismis

5 Makanan Sehat untuk Penderita Anemia yang Harus Dikonsumsi | akbar | 4.5