5 Makanan Sehat untuk Menu Buka Puasa

Setelah sekitar 14 jam tubuh tidak mendapatkan asupan gizi, maka buka puasa adalah waktu bagi tubuh untuk mendapatkan kembali asupan gizi. Sayangnya, banyak yang menyepelekan hal ini. Tidak sedikit dari orang yang berpuasa yang tidak memperhatikan kandungan gizi dari makanan yang dikonsumsi untuk buka puasa.

Berikut ini adalah contoh makanan sehat nan bergizi yang bisa dijadikan sebagai menu untuk buka puasa agar tubuh anda tetap sehat dan fit untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh:

1. Beras merah

Dibanding nasi putih, nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula. Karena itu, mengonsumsi nasi merah akan membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula.

loading...

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau kaya vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tidak bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak mengonsumsi apapun. Untuk menghindari hilangnya manfaat dari sayuran berdaun hijau ini, maka tidak perlu lama saat memasaknya. Usahakan jangan sampai layu.

3. Oat

Makanan yang berserat tinggi baik dimakan untuk buka puasa. Karena itu, selain nasi merah, anda bisa membuat oat yang dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan seratnya tinggi.

4. Buah-buahan

Makan sepotong melon atau satu butir jeruk baik untuk dilakukan saat berbuka puasa. Vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar. Tidak hanya itu saja, buah-buahan yang segar juga akan membantu tubuh untuk menyesuaikan diri sebelum mengonsumsi makanan berat untuk berbuka puasa.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang tinggi. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sayur hijau dan kacang-kacangan sebagai menu sayur untuk buka puasa. Protein dibutuhkan oleh tubuh dan kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna dan tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi untuk buka puasa. Anda bisa membuat sayur asam atau sayur bayam yang ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya.

Menu makanan untuk buka puasa tidak hanya sekedar mengenyangkan, namun pastikan juga memiliki cukup gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh setelah seharian kita berpuasa. Caranya adalah dengan kombinasikan makanan tersebut di atas sesuai selera untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

loading...
Loading...
5 Makanan Sehat untuk Menu Buka Puasa | akbar | 4.5