5 Makanan Sehat untuk Mencegah Sakit Flu Datang Saat Musim Penghujan

Suhu udara saat musim penghujan akan turun secara drastis hingga menyebabkan rasa dingin yang menggigit kulit. Padahal, udara yang dingin merupakan salah satu pemicu dari serangan flu. Inilah kenapa banyak orang yang menderita sakit flu saat musim penghujan datang.

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit flu datang, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang bisa membantu menghangatkan tubuh. Dengan kondisi tubuh yang lebih hangat ini akan membantu metabolisme tubuh agar bekerja lebih baik.

Makanan Sehat untuk Mencegah Sakit Flu Saat Musim Penghujan Datang

Konsumsi makanan dan minuman hangat di musim penghujan juga bisa mengusir sakit flu yang sudah terlanjur datang menyerang. Adapun beberapa makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi untuk mencegah dan mengusir sakit flu diantaranya:

1. Sup ayam
Sup ayam manjadi salah satu obat alami yang ampuh untuk menyembuhkan sakit flu. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang tersedia di dalam sup ayam menjadikan makanan ini bisa membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kala musim penghujan. Dalam semangkuk sup ayam memiliki paduan sayuran, daging ayam dan kaldu ayam bisa membuat tubuh nyaman dan merasa lebih rileks.

2. Bawang
Berbagai jenis bawang-bawangan seperti bawang putih, bawang bombai dan daun bawang ternyata memiliki kandungan zat alami yang berkerja dengan baik untuk mengusir flu. Anda bisa menambahkan bawang putih, bawang bombai ataupun daun bawang dalam jumlah agak lebih banyak dari biasanya pada setiap masakan dan anda akan merasakan manfaatnya. Kandungan antiseptik atau antibakteri di dalam bawang cukup tinggi sehingga bisa membunuh virus-virus yang hadir saat musim hujan, termasuk virus flu.

3. Jahe
Jahe sudah banyak dijadikan campuran dalam minuman. Selain memberikan efek rasa segar, jahe juga memiliki kandungan zat alami yang membuat perut terasa hangat dan tenggorokan terasa nyaman. Minum segelas teh jahe hangat bisa membantu dalam mengurangi gejala flu dan membuat kualitas tidur lebih bagus.

4. Lada hitam
Banyak rempah yang memiliki khasiat lebih dibandingkan sebagai bahan perasa. Salah satunya adalah lada hitam yang memiliki khasiat ganda yaitu sebagai bahan perasa dan juga sebagai pengusir flu. Anda bisa menambahkan lada hitam pada masakan untuk membuat rasa makanan jadi semakin kuat. Walau makanan menjadi agak pedas, namun efeknya masakan ini memiliki manfaat untuk mengusir flu dan membuat tubuh merasa hangat.

5. Madu
Madu dipercaya sebagai obat dari segala penyakit, tentu salah satunya adalah flu dan batuk. Madu bekerja dengan baik untuk mengobati radang dan luka. Flu dan batuk pastinya akan menyebabkan luka di tenggorokan atau hidung, dengan mengonsumsi madu, luka ini bisa dengan cepat terobati. Selain itu madu bersifat pereda nyeri, antioksidan dan antibakteri yang sangat diperlukan saat flu melanda. Madu bisa disantap langsung, dicampur dalam air hangat atau dijadikan campuran dalam teh hangat.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu untuk mencegah dan mengusir sakit flu yang biasa datang menyerang saat musim penghujan tiba. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
Kandungan teh buat ayam, khasiat teh untuk ayam, cara cara membuat orang sakit perut, fungsi aer teh buat ayam, khasiat daun mint untuk ayam aduan, makanan buat anak bayi 8 bulan yg bikin badanx kuar, manfaat teh buat ayam, minum madu dan air dingin

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Sakit Flu Datang Saat Musim Penghujan | akbar | 4.5