5 Makanan Sehat untuk Ibu yang Baru Melahirkan

Ibu yang baru melahirkan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mengenyangkan, bernutrisi, dan mampu memberikan tambahan energi. Berikut ini adalah lima jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan:

1. Sereal
Semangkuk sereal cukup mengenyangkan dan mencegah konstipasi. Konstipasi adalah masalah yang umum dialami wanita yang baru melahirkan karena hormon menyusui akan memperlambat pencernaan. Cobalah untuk mengkonsumsi sereal dengan yogurt. Selain kaya kalsium, yogurt juga memiliki probiotik yang membantu melancarkan proses pencernaan.

2. Bayam
Sayuran hijau yang paling bernutrisi ini memiliki dia hal penting yang harus dikonsumsi ibu yang baru melahirkan, yaitu asam folat dan kolagen. Kolagen diperlukan untuk mempercepat masa penyembuhan setelah operasi caesar. Sementara asam folat penting untuk menggantikan darah yang dikeluarkan ibu setelah melahirkan, serta mangan yang membantu pertumbuhan tulang.

3. Daging
Daging sapi kaya akan zat besi dan seng, dua mineral penting untuk menambah energi dan memproduksi air susu. Pilihlah bagian panggul yang memiliki sedikit lemak dan kaya nutrisi. Cara memasaknya, cobalah untuk memanggang dan campurkan dengan sayuran. Jika ibu lebih suka daging ayam, cobalah daging yang gelap dibanding daging putih. Meski mengandung lebih banyak lemak, namun daging berwarna gelap memiliki kadar seng dan zat besi yang lebih tinggi.

4. Telur
Makan telur akan membantu si ibu baru untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kalori. Satu butir telur mengandung lima sampai enam gram protein. Ini akan membuat ibu tidak banyak ngemil dan cepat kenyang. Telur juga sumber alami untuk kolin, nutrisi penting yang digunakan untuk membangun pusat memori pada otak bayi. Seperti nutrisi lain, kolin juga bisa dikonsumsi bayi melalui air susu.

5. Ikan salmon
Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung dan membantu perkembangan otak bayi ketika Anda menyusui. Jika bisa, pilihlah salmon Alsaka yang rendah merkuri. Tidak perlu mengonsumsi setiap hari, sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

loading...
Loading...
makanan yang mempercepat pertumbuhan daging, makanan yang mempercepat penumbuhan daging, zat pertumbuhan daging

5 Makanan Sehat untuk Ibu yang Baru Melahirkan | chsa | 4.5