5 Langkah, Cara Sederhana untuk Menghentikan Infeksi Saluran Kencing

Infeksi saluran kencing atau infeksi saluran kemih bisa terjadi pada pria ataupun wanita. Ketika infeksi saluran kencing terus dibiarkan, maka bisa menimbulkan masalah lain yang bisa berujung pada kematian.

Sebelum hal yang menakutkan terjadi, ada beberapa cara mencegah infeksi saluran kencing yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah lima langkah sederhana untuk mengobati infeksi saluran kemih sebagaimana yang dikutip dari laman Timesofindia:

1. Lakukan tes urine
Infeksi saluran kemih bisa didiagnosis dengan bantuan tes urine sederhana. Sampel urine menjadi bukti kuat adanya gejala infeksi berupa sel-sel nanah yang setelah dilakukan diagnosa selanjutnya dapat dipastikan.

2. Perbanyak minum air putih
Bila nanti ternyata hasil diagnosa terbukti pasien terkena gejala infeksi, maka pasien harus banyak-banyak minum air putih atau jus buah cranberry alami tanpa gula. Air diyakini membantu menghilangkan infeksi. Sementara, jus cranberry mampu menghilangkan bakteri jahat dalam saluran kemih.

3. Jangan menggunakan toilet umum
Meski toilet umum dinilai bersih, namun tidak ada jaminan untuk dapat menghentikan masalah infeksi saluran kemih. Karenanya, toilet publik merupakan sarang bakteri yang memperparah infeksi.

4. Gunakan celana yang longgar dan bersih
Pada pasien yang terkena infeksi saluran kemis, jangan sesekali menggunakan celana ketat seperti jeans. Lalu, pastikan pula tingkat kebersihan dan ukuran longgar celana untuk membebaskan pasien bergerak dan tidak mudah terjadi iritasi.

5. Rawatlah area intim
Tidak adanya perawatan terhadap area intim bisa menyebabkan penyakit ginjal. Maslaah ini tentu akan semakin parah dan menyiksa. Untuk tahu caranya, sering-seringlah berkonsultasi dengan dokter yang dapat dipercaya agar infeksi saluran kemih yang dialami bisa cepat terselesaikan.

Perlu untuk diketahui, bahwa penyebab utama dari infeksi saluran kemih adalah terlalu sering menahan kencing. Karena itu, usahakan untuk buang air kecil ketika anda merasakan harus buang air kecil. Jangan lupa pula untuk selalu banyak minum air putih.

loading...
Loading...
5 Langkah, Cara Sederhana untuk Menghentikan Infeksi Saluran Kencing | lawas | 4.5