5 Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Buah pepaya termasuk salah satu jenis buah favorit yang harganya cukup murah. Meski murah, namun ada banyak manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah pepaya. Misalanya saja adalah bahwa makan buah pepaya bisa membantu melancarkan pencernaan. Jadi untuk anda yang punya masalah sembelit, anda bisa secara rutin mengonsumsi buah berwarna kuning orange ini.

Khasiat dan Manfaat Dari Makan Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya dapat melancarkan pencernaan, buah pepaya juga punya ragam manfaat lainnya. Beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Kesehatan Kulit

Manfaat buah pepaya adalah baik untuk kulit. Beberapa manfaat buah pepaya untuk kulit kita adalah diantaranya bisa untuk mengobati jerawat, infeksi, dan beberapa infeksi kulit lainnya. Pepaya segar bisa melarutkan sel kulit mati dan memberikan efek kulit bersih dan bercahaya. Itulah kenapa buah pepaya juga banyak digunakan sebagai salah satu bahan produk kecantikan, diantaranya adalah sabun mandi.

2. Membantu Sistem Pencernaan

Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang dapat memecah kandungan protein. Enzim ini akan lebih banyak ditemukan bila buah pepaya masih dalam keadaan mentah. Terhadap pencernaan, buah pepaya bisa digunakan untuk meredakan sakit perut, jadi jika perut anda tengah bermasalah ada baiknya Anda mengonsumsi pepaya. Anda yang punya masalah sembelit atau susah buang air besar pun bisa mengatasinya dengan banyak-banyak makan pepaya.

3. Menyembuhkan Luka

Adanya kandungan enzim fibrin di dalam buah papaya bisa membantu untuk mencegah pembekuan darah. Tidak hanya luka bagian luar, namun buah pepaya juga bisa membantu menyembukan luka dalam yang diderita manusia.

4. Mencegah Kangker

Adanya kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh membuat buah pepaya sangat baik untuk mengobati kanker. Kandungan tersebut meliputi beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cryptoxanthin sangat penting untuk menyembuhkan penyakit kangker. Seperti yang kita ketahui bahwa buah yang mengandung karoten dapat berfungsi untuk melindungi dari penyakit paru-paru dan kanker rongga mulut.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Pepaya memiliki kandungan kalium, dimana zat ini dapat membantu regulasi cairan sel tubuh. Selain itu, kalium juga dapat mengontrol aliran darah dan mempertahankan tekanan darah dengan tepat. Hal ini tentu akan mengatur efek sodium yang berdampak buruk bagi tubuh serta melindungi anda dari penyakit jantung. Inilah sebabnya mengapa pepaya merupakan buah yang sangat dianjurkan bagi pasien yang menderita penyakit jantung.

Bagaimana, masih malas untuk makan buah pepaya?

Mungkin ada yang malas makan buah pepaya karena baunya. Oleh karena itu, selain dimakan langsung untuk mendapatkan manfaat buah pepaya juga bisa dilakukan dengan cara membuat pepaya menjadi jus.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat dan khasiat buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita sebagaimana yang dikutip dari laman Whatthafact. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
jus tahu, pepaya kulit kuning, kasiat jus tahu

5 Khasiat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh | akbar | 4.5