5 Kesalahan Pebisnis Pemula

Kamu yang akan memulai bisnis online shop atau membuka toko kecil di dekat rumah atau bahkan ingin bekerja sama dengan teman-teman untuk memulai bisnis, tentunya banyak hal yang mulai kamu pikirkan selain konsep bisnis yang matang, perencanaan juga merupakan hal yang teramat penting. Tentunya kamu tidak ingin merugi bukan? Maka dari itu ada baiknya kamu mempelajari 5 hal yang harus kamu hindarkan saat menjadi pebisnis.

1. Tidak memisahkan setiap rekening

Memiliki satu rekening untuk mencakup segala kebutuhan memang hal yang lebih mudah, namun memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi akan membantu kamu memonitor setiap arus keuangan kamu, sehingga kamu tidak perlu pusing membedakan mana uang dari pelanggan dan pembeli.

2. Tidak membuat pembukuan

Pengeluaran dan pemasukan bisnis yang kamu miliki sebaiknya harus kamu catat berapa pun besarnya, tidak terkecuali laba yang kamu dapatkan. Kamu juga jangan lupa mencatat biaya pengeluaran kamu seperti tagihan listrik, transportasi, pulsa, serta yang lain-lainnya. Kamu yang mempunyai bisnis online pakaian tentunya membutuhkan kertas atau plastik untuk membungkus barang yang akan kamu kirim bukan? Maka dari itu kamu jangan lupa untuk memasukkan perkiraan harga plastik dalam anggaran belanja yang harus dikeluarkan.

3. Tidak menggaji diri sendiri

Bisnis yang kamu dapatkan mendulang keuntungan besar? Selain keuntungan besar selanjutnya apa yang kamu dapatkan tentunya kamu jangan lupa menggaji diri kamu sendiri, hal ini akan memotivasi kamu agar mencapai target yang lebih tinggi dan lebih baik lagi, jangan sampai rekening bisnis bertambah namun rekening pribadi kamu tidak bertambah juga.

4. Tidak ada kas untuk dana darurat

Sebaiknya kamu tidak menyepelekan dana darurat, karena kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan pada bisnis yang kamu miliki. Kamu sebaiknya mulai untuk menyisihkan 5% atau 10% dari pendapatan kamu per bulan. Jika semakin lama bisnis kamu semakin besar, tentunya dana yang harus disisihkan persentasenya harus semakin meningkat pula. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit sebagai antisipasi saat memerlukan dana yang tidak kamu duga sebelumnya, namun gunakan hanya pada saat terdesak agar kamu tidak bergantung pada kartu kredit.

5. Tidak melakukan review

Langkah terakhir ini perlu dilakukan setiap bulan sekali. Berapa pengeluaran yang kamu keluarkan untuk bisnis ini? Berapa pendapatan selama sebulan? Berapa keuntungan yang kamu dapatkan dari penjualan bulan ini? Dengan mengetahui dengan jelas arus keuangan bisnis, kamu dapat lebih mudah memilih mana saja hal yang bisa ditingkatkan agar bisnis kamu menjadi lebih baik lagi.

Setelah membaca kelima kesalahan ini tentunya bisa menjadi pedoman kamu untuk memulai bisnis. Untuk membuka bisnis pertama kali tentunya bukan hal yang mudah, namun dengan membiasakan diri untuk mengelola uang dengan bijak maka hal baik dan indah tentunya akan kamu dapatkan.

Semoga bisnis kamu sukses ya! Salam sukses dari HaloMoney.

Artikel ini ditulis oleh Gardena Puteri Ayudila dari HaloMoney.co.id, situs keuangan yang membandingkan berbagai produk keuangan, seperti kartu kredit dan KTA dengan tujuan membantu konsumen Indonesia memilih produk keuangan yang terbaik untuk mereka.

loading...
Loading...
5 Kesalahan Pebisnis Pemula | akbar | 4.5