5 Jenis makanan ini dapat mencegah terjadinya stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Namun, stroke sebenarnya bisa dicegah agar tidak terkena risiko yang lebih parah seperti kematian, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa jenis makanan dengan kandungan nutrisi tertentu ternyata dapat membantu mencegah terjadinya stroke.

Apa saja jenis makanan yang mampu membuat stroke menjauh dari diri Anda? Berikut daftarnya.

1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti mete, almond atau pistachio kaya akan vitamin B, mengandung asam folat, serta kaya serat. Makanan yang mengandung folat mampu menurunkan tingkat risiko terjadinya stroke hingga mencapai 20 persen. Tak hanya sehat bagi jantung, kacang-kacangan juga baik untuk otak. Apalagi kacang-kacangan juga bisa menjadi cemilan yang lebih menyehatkan.

2. Ikan
Ikan, terutama yang berasal dari laut, mengandung asam omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah. Zat ini juga berguna untuk mengurangi pembekuan darah dan berkhasiat untuk menurunkan tingkat kemungkinan terjadinya stroke sampai 27 persen.

3. Antioksidan
Makanan yang kaya antioksidan seperti buah dan sayur dengan warna yang mencolok, seperti kuning, merah, hijau dan ungu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini baik untuk mengurangi peradangan serta plak pada pembuluh arteri sehingga menjauhkan Anda dari risiko stroke.

4. Magnesium
Gandum dan jagung banyak mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah serta mencegah terjadinya stroke. Makanan ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan baik dikonsumsi saat sarapan.

5. Kalium
Zat makanan yang terdapat dalam jenis buah seperti pisang, kismis, kentang dan bayam dapat menurunkan risiko stroke hingga 28 persen. Karena itu, rajinlah mengonsumsi makanan yang mengandung kalium secara teratur agar tubuh tetap sehat.

loading...
Loading...
5 Jenis makanan ini dapat mencegah terjadinya stroke | akbar | 4.5