5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Bila Ingin Kuliah Sambil Kerja

Kondisi ekonomi yang kurang mampu membuat banyak orang terpaksa menghentikan pendidikan anak hanya sampai SMA. Padahal, tidak sedikit mereka yang menginginkan untuk terus dapat melanjutkan hingga ke jenjang kuliah. Karena itu banyak yang memilih untuk bekerja agar dapat membiayai kuliahnya.

Nah, bagi anda yang ingin kuliah dan juga kerja, maka ada beberapa hal agar kerja anda tidak mengganggu proses belajar selama masa perkuliahan berlangsung. Karena tidak mudah bagi setiap orang untuk bisa bekerja tapi tetap sambil kuliah.

Tips Sukses Kuliah Sambil Bekerja

Dikutip dari laman Solopos, ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan sebelum anda menjalani dua pekerjaan berat tersebut. Berikut diantaranya:

1. Pilih Jenis Pekerjaan

Bukan perkara yang mudah untuk memilih pekerjaan sampingan saat masih menyandang status mahasiswa. Karena itu bila anda memang ingin menjalani suatu pekerjaan, maka ada baiknya bila pekerjaan tersebut berkaitan dengan bidang ilmu yang sedang anda pelajari.

Dengan memilih pekerjaan yang sesuai dengan studi kuliah, maka anda akan mendapat penghasilan sekaligus pengalaman. Pengalaman tersebut menjadi penting di masa mendatang, pada saat anda ingin mencari pekerjaan yang sesungguhnya.

2. Mengatur Waktu Kerja dan Belajar

Sebagian besar mahasiswa merasa kesulitan ketika harus melakukan manajemen waktu. Namun bagi anda yang ingin kuliah sambil kerja, maka anda sudah pasti harus dapat mengatur waktu anda sendiri dengan tegas dan konsisten. Agar menghasilkan sesuatu, maka ada baiknya bila anda menentukan waktu terbaik untuk diri anda.

Misalnya, bila anda merasa pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengerjakan tugas dan waktu yang paling pas untuk bekerja adalah saat malam, maka lakukan hal itu secara maksimal. Anda dapat mencari pekerjaan dengan jam kerja malam, begitu juga sebaliknya. Tentu saja, anda harus melakukan hal itu dengan disiplin.

3. Pilih Lokasi Kerja yang Dekat

Penting juga sebagai pertimbangan adalah lokasi tempat anda bekerja. Adalah pilihan terbaik bagi anda untuk dapat memilih pekerjaan yang lokasinya dekat dengan kampus. Karena dengan demikian anda tidak perlu repot dan membuang waktu untuk datang ke tempat kerja.

Selain itu, bila tempat anda kerja lokasinya berada di area kampus, calon bos biasanya mengerti tentang rutinitas mahasiswa. Bila anda sedang dalam masa ujian, maka ia akan mengerti dan memberi sedikit kelonggaran agar anda dapat mengambil libur untuk mengikuti ujian kampus. Dengan demikian, dua tanggung jawab yang anda jalani akan terlaksana dengan lancar.

4. Curi Waktu untuk Belajar atau Mengerjakan Tugas Kuliah

Anda harus pandai mencuri waktu saat menjalani dua tanggung jawab sekaligus. Di sela waktu luang pekerjaan atau setelah tanggung jawab anda selesai, ada baiknya anda segera mengerjakan tugas lain.

Anda bahkan juga bisa belajar di tempat kerja saat sedang tidak memiliki tanggung jawab di tempat tersebut. Karena itu, bawalah buku dan peralatan kuliah selalu di mana pun dan kapan pun. Dengan cara ini anda akan dapat menyeimbangkan status sebagai mahasiswa dan pekerja dengan baik.

5. Istirahat Sejenak Bila Jenuh

Bukan perkara yang mudah untuk dilakukan ketika harus menjalani dua tanggung jawab. Sesekali waktu pasti anda akan merasa jenuh dan lelah. Jika perasaan itu datang, maka beristirahatlah.

Anda bisa saja rehat dengan berlibur ke tempat indah sejenak atau sekadar beristirahat di rumah. Jangan pernah memaksakan sesuatu. Karena jelas saja, bila terus dipaksakan maka sesuatu yang sudah terlampau menjenuhkan akan menimbulkan hasil yang buruk.

Untuk itu anda lebih baik mengistirahatkan badan dan pikiran sejenak. Kemudian, siapkan energi ekstra untuk mencapai hal yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang harus anda pertimbangkan ketika anda memilih untuk kuliah sambil kerja. Tidak semua orang bisa menjalani kuliah sekaligus bekerja. Seringkali ketika seseorang sudah bekerja maka ia akan melupakan statusnya sebagai mahasiswa. Untuk itu pastikan anda memantapkan hati untuk harus lulus kuliah tepat waktu.

loading...
Loading...
5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Bila Ingin Kuliah Sambil Kerja | akbar | 4.5