5 Hal Tentang Menguap yang Harus Anda Ketahui

Menguap adalah salah satu tanda seseorang yang mengantuk atau tubuh membutuhkan waktu istirahat, dalam hal ini adalah tidur. Selain karena mengantuk, menguap juga percaya sebagai salah satu tanda tubuh sedang kekurangan oksigen. Masih ada banyak lagi penyebab menguap, karena bosan misalnya.

Namun, percaya tidak percaya, menguap ternyata bisa menular. Adapun alasan kenapa menguap bisa menular atau penjelasan mengenai reaksi penyebab menguap hingga saat ini masih diperdebatkan oleh para ilmuwan.

Berikut ini adalah lima penjelasan terkait menguap dari para ahli, sebagaimana yang dikutip dari laman Menshealth, Senin (23/2/2015).

1. Menguap tidak meningkatkan oksigen
Seorang biopsikologis SUNY Oneonta bernama Andrew Gallup, Ph.D, mengatakan bahwa studi terbaru menyatakan bahwa oksigen berkurang setelah seseorang menguap.

2. Dilakukan sejak dalam kandungan
Tidak hanya setelah dilahirkan, karena ternyata bayi yang masih adalah dalam kandungan pun bisa menguap. Menurut Robert Provine, Ph. D., penulis Curious Behavior: Yawning, Laughing, Hiccuping, and Beyond, bayi mulai menguap pada trisemester pertama perkembangan mereka dalam kandungan. Dengan demikian, manusia sudah menjadi profesional dalam hal menguap sejak dilahirkan.

3. Menguap mendinginkan kepala
Menguap bisa bekerja layaknya kipas angin pada CPU komputer. Manfaat menguap ternyata bisa menurunkan suhu di otak untuk bisa bekerja optimal, demikian menurut Gallup. Frekuensi menguap meningkatkan saat suhu di kepala juga meningkat. Sekali menguap, suhu di kepala bisa menurunkan suhu sebanyak 0,2 derajat Fahrenheit.

4. Meningkatkan perhatian dan fokus
Menguap di saat atau tempat yang tidak tepat bisa memalukan. Provine mengatakan bahwa kepercayaan orang yang melihat orang lebih mudah menguap saat bosan adalah benar. Sejumlah peneliti juga mengatakan menguap bermanfaat pada saat perhatian penuh dan fokus dibutuhkan.

Karena itu, menguap yang menular diyakini benar adanya. Ini adalah sebagai cara alam untuk meningkatkan fokus pada orang lain. Ini seperti penemuan peneliti Gallup yang melihat kumpulan kecil burung yang menguap untuk membuat yang lain fokus.

5. Pergantian mode
Sejumlah atlet menguap sebelum kompetisi besar dimulai, kata Provine. Tentunya ini bukan karena mereka bosan. Menguap bisa meningkat saat tubuh berada pada proses transisi, seperti saat anda bangun tidur di pagi hari atau pergi tidur di malam hari.

loading...
About these ads

Loading...
5 Hal Tentang Menguap yang Harus Anda Ketahui | lawas | 4.5