5 Faktor yang Jadi Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam UratAsam urat adalah istilah untuk menyebut penyakit yang sering menyebabkan rasa nyeri pada persendian tulang. Asam urat sebenarnya merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan penumpukan kristal urat sehingga timbul peradangan. Asam urat terutama menyerang pada persendian sepertisendi jari kaki, jari tangan, tumit, dengkul, siku, dan pergelangan tangan. Ketika seseorang terkena penyakit asam urat, maka rasa nyeri sendi yang dirasakan akibat dari asam urat adalah sangat hebat dan membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang. Meski demikian, tidak semua rasa nyeri di persendian bisa disimpulkan bahwa seseorang terkena penyakit asam urat.

Biasanya, penyakit asam urat mulai menyerang orang yang berusia lanjut. Pada kaum pria, asam urat biasa mulai menyerang pada usia 40 tahun ke atas dan memasuki usia menopouse pada wanita. Pada orang yang menderita asam urat, sebagian besar biasanya ia juga mempunyai penyakit lain seperti penyakit ginjal, penyakit diabetes, atau hipertensi.

Selain karena faktor makanan, penyakit asam urat juga bisa disebabkan oleh lima faktor berikut:

1. Jenis kelamin
Kebanyakan penderita asam urat adalah kaum pria. Ketika asam urat menyerang di usia muda, penyakit ini bisa berkelanjutan hingga seumur hidup. Dibandingkan wanita, pria memang memiliki asam urat yang lebih tinggi. Hormon estrogen pada wanita cenderung melindunginya dari asam urat sejak anak-anak. Namun, setelah menopause, risiko terkena asam urat menjadi sama dengan kaum pria.

2. Usia
Kebanyakan penderita asam urat adalah mereka yang sudah di usia 40 tahun ke atas, walau ada juga yang baru menginjak usia 30 tahun namun sudah menderita asam urat.

Semakin tua seseorang, maka risiko menderita asam urat akan semakin besar. Pasalnya, usia yang menua berarti fungsi ginjal berkurang. Hal ini berakibat pada kadar asam urat yang bertambah. Obat-obat yang dipakai seiring bertambahnya usia juga dapat meningkatkan risiko terkena asam urat.

3. Kondisi kesehatan
Orang yang mengidap penyakit lain cenderung terkena asam urat, misalnya kegemukan atau diabetes. Mereka yang menderita obesitas mempunyai risiko empat kali lebih besar menderita asam urat dibanding yang berberat badan normal.

Resistensi insulin dan diabetes juga memicu terbentuknya asam urat karena kondisi tersebut mengganggu fungsi ginjal. Penderita tumor ganas pun juga dapat mempunyai kadar asam urat yang tinggi.

4. Konsumsi alkohol
Minuman beralkohol juga bisa membuat anda merasakan sengatan nyeri asam urat. Walau wine tidak membuat asam urat, namun tidak demikian halnya dengan bir. Jika anda sudah terdiagnosis memiliki kadar asam urat yang tinggi, mulailah menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol.

5. Obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan juga bisa meningkatkan risiko terserang asam urat. Misalnya, obat diuretik, aspirin, atau obat untuk keperluan transplantasi. Memang beberapa jenis obat tersebut penting dan tidak bisa dihentikan. Solusinya adalah mengonsumsi obat tambahan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Konsultasikan hal ini kepada dokter.

loading...
About these ads

Loading...
5 Faktor yang Jadi Penyebab Asam Urat | chsa | 4.5