5 Cara untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan yang Bisa Dicoba

Penanganan luka bakar yang tidak tepat bisa menyebabkan munculnya bekas luka di kemudian hari. Dan biasanya bekas luka bakar akan sulit untuk bisa dihilangkan.

Sebenarnya untuk cara mengatasi luka bakar bisa dilakukan dengan menggunakan bahan rumahan yang bisa ditemukan dengan mudah. Mau tahu apa saja bahan rumahan untuk mengobati luka bakar?

1. Madu

Madu memiliki kandungan antiseptik dan sifat penyembuhan. Madu bisa membantu menenangkan dengan segera luka bakar yang anda alami. Tidak hanya itu saja, madu juga bisa membantu meminimalkan bekas luka akibat luka bakar yang telah mengenai kulit anda.

2. Cuka

Sebagian besar masyarakat percaya bahwa cuka bisa digunakan sebagai obat untuk luka bakar. Cara menggunakan cuka sebagai obat luka bakar pun mudah. Segera setelah anda mendapatka luka bakar, basahi kain dengan cuka encer lalu kompres pada luka anda. Jika rasa sakit yang ditimbulkan semakin meningkat, anda bisa terus mengulanginya dengan cuka segar.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal dan cukup ampuh sebagai bahan obat untuk mengatasi luka bakar. Selain memiliki efek mendinginkan, lidah buaya juga mempercepat proses peremajaan kulit. Caranya menggunakan lidah buaya untuk mengobati luja bakar yaitu, potong lidah buaya lalu aplikasikan jeli yang ada di lidah buaya pada luka bakar anda. Cara ini bisa diulangi sampai luka anda benar-benar mengering.

4. Kulit Pisang

Untuk mengurangi rasa sakit yang timbul karena luka bakar, para ahli menyarankan untuk menempatkan kulit pisang pada luka bakar hingga berubah warna menjadi kehitaman.

5. Minyak Zaitun

Ada banyak manfaat dari minyak zaitun. Selain untuk mengobati kulit kering, minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk mengobati luka bakar ringan. Mengaplikasikan minyak zaitun pada bagian yang luka bisa membantu untuk mengobati rasa sakit dan merupakan pertolongan pertama yang ampuh terhadap luka bakar ringan.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar ringan. Melakukan penanganan segera dengan tepat terhadap luka bakar akan meminimalisir munculnya bekas luka luka bakar.

loading...
Loading...
5 Cara untuk Mengatasi Luka Bakar Ringan yang Bisa Dicoba | akbar | 4.5