5 Cara Terapi untuk Mengatasi Nyeri Sendi yang Bisa Dilakukan

Nyeri sendi menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, terutama adalah mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Memang tidak ada penyebab tunggal nyeri sendi. Namun faktanya, ada kemungkinan untuk mengalami nyeri sendi pada berbagai bagian tubuh untuk alasan yang berbeda. Sebagai contoh, pembengkakan pada lutut dapat terjadi karena encok, sementara nyeri sendiri pada bahu bisa terjadi karena terkilir.

Penyebab nyeri sendi juga bisa dikarenakan steoarthritis, rheumatoid arthritis, keseleo atau cedera lain di jaringan sendi atau sekitarnya. Dalam kebanyakan kasus, nyeri sendi ringan bisa diatasi dengan cara melakukan pengobatan alami di rumah.

Cara Mengobati Nyeri Sendi

Berikut ini adalah beberapa cara terapi kesehatan untuk mengatasi nyeri sendi yang bisa dilakukan sendiri di rumah sebagaimana yang dikutip dari laman Zeenews, diantaranya:

1. Terapi pijat
Salah satu cara terbaik dan mudah untuk meringankan nyeri sendi adalah dilakukan dengan cara terapi pijat. Pijat akan membantu meredakan nyeri sendi dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan menenangkan peradangan. Untuk hasil yang lebih baik mungkin anda perlu memanggil tukang pijat profesional di rumah. Kalaupun tidak anda bisa memijat sendiri dengan lembut daerah yang terkena nyeri dengan menggunakan sedikit minyak hangat seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

2. Terapi es
Suhu yang dingin bisa mengurangi aliran darah dan mengurangi pembengkakan pada jaringan. Karena itu anda bisa menerapkan es pada sendi yang sakit selama 15 sampai 20 menit beberapa kali setiap hari. Terapi ini sangat penting untuk menghilangkan nyeri sendi.

3. Terapi panas
Memberi kompres panas pada daerah yang terkena selama sekitar tiga menit akan membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan aliran darah, dan mengurangi kekakuan pada sendi yang sakit. Gunakan handuk atau kain lain karena panas atau dingin sebaiknya tidak diterapkan langsung ke kulit.

4. Obat pereda nyeri
Untuk menghilangkan nyeri tak tertahankan yang mungkin anda rasakan saat ini, selain dengan metode terapi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, anda pun bisa mengatasi nyeri dengan mencoba obat-obatan tertentu seperti ibuprofen untuk menghilangkan nyeri sendi.

5. Istirahat
Istirahat memainkan peran penting dalam pemulihan setelah mengalami nyeri sendi. Hal ini memungkinkan tubuh untuk memperbaiki dan memperkuat diri secara alami dengan segera.

Itulah beberapa cara terapi untuk mengatasi nyeri pada persendian yang bisa anda coba. Namun bila ternyata nyeri sendi yang anda alami tersebut juga disertai dengan pembengkakan, kemerahan, nyeri hebat, atau bila terjadi selama lebih dari tiga hari, ada baiknya anda untuk meminta bantuan dokter untuk penanganan yang tepat.

loading...
Loading...
5 Cara Terapi untuk Mengatasi Nyeri Sendi yang Bisa Dilakukan | akbar | 4.5