5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid

Nyeri di bagian perut sering dialami oleh wanita yang sedang haid. Untuk mengatasi nyeri haid ini biasanya kaum wanita akan mengonsumsi obat pereda nyeri. Namun perlu diketahui bahwa kebiasaan mengonsumsi obat pereda nyeri haid ini bisa saja menyebabkan tergantungan.

Sebenarnya ada cara yang alami untuk mengatasi nyeri saat haid, tanpa harus minum obat pereda nyeri haid tentunya. Cara ini tentunya lebih aman dan tanpa menimbulkan efek samping yang berlebihan.

Berikut ini adalah cara sederhana untuk mengatasi nyeri haid yang bisa coba anda lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid:

1. Air hangat
Siapkan botol bekas minuman dan bersihkan. Tuangkan air hangat kedalam botol dengan menutup erat. Selanjutnya tempelkan botol yang berisikan air hangat tersebut ke perut atau bagian tertentu yang anda rasakan sakit. Diamkan selama beberapa waktu dan ulangi sampai rasa sakit itu mereda.

loading...

2. Renggangkan kaki di atas bantal
Saat botol yang diisi dengan air hangat ditaruh dibagian yang sakit, usahakan kaki berada di atas bantal. Hal ini bertujuan untuk membantu melancarkan darah yang tersumbat di beberapa area tubuh.

3. Minum susu hangat
Susu merupakan sumber kalsium dan zat besi yang baik bagi tubuh. Minum susu sangat baik dan dianjurkan bagi wanita yang sedang haid, dimana hari pertama haid tubuh membutuhkan asupan tambahan kalsium dan zat besi. Selain itu, susu hangat juga bisa menetralisir zat berbahaya di tubuh yang bisa menyumbat darah kotor yang keluar.

4. Pilih pembalut
Memilih pembalut harus dengan benar dan tepat. Hindari memakai pembalut yang mengandung zat berbahaya, karena itu bisa jadi akan menghambat peredaran darah saat menstruasi. Tentunya pembalut dengan bahan yang alami bisa membantu anda meredakan rasa sakit nyeri saat datang bulan di hari pertama.

5. Periksa ke dokter
Bila nyeri perut saat haid tidak juga kunjung hilang setelah beberapa hari, maka ada baiknya bila anda segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah rasa nyeri saat haid yang dirasakan masif dalam taraf normal atau tidak. Sehingga nantinya bisa diambil tindakan cepat yang langsung dapat mengurangi nyeri sekaligus meredakannya saat haid.

Itulah beberapa tips sederhana cara meredakan nyeri saat haid yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Cara Mudah Mengatasi Nyeri Perut Saat Haid | akbar | 4.5