5 Cara Mengurangi dan Menghilangkan Kebiasaan Kentut

Meski kentut merupakan salah satu indikasi bahwa pencernaan bekerja dengan baik, namun kentut dianggap oleh masyarakat sebagai hal yang tabu. Selain membuat ketidaknyamanan di lingkungan sekitar, kentut yang berbau busuk juga bisa menyebabkan nyeri dan rasa tidak nyaman di perut karena ditahan.

Agar kita tidak sering dibuat malu oleh ulah pderut kita yang sering kentut di sembarang tempat, berikut ini tips bagaimana cara menghentikan, menghilangkan atau setidaknya mengurangi kebiasaan kentut:

1. Minum teh herbal
Untuk mengurangi terbentuknya gas di usus, cobalah setiap selesai makan minum teh herbal. Salah satu jenis teh herbal yang bisa membantu tubuh mencerna makanan dengan benar sehingga mencegah kentut berbau adalah tTeh chamomile atau peppermint.

2. Batasi makanan yang memicu gas di perut
Kurangi konsumsi makanan jenis kacang-kacangan dan umbi-umbian yang merupakan penyebab kita sering kentut. Kurangi juga sayuran seperti brokoli, kubis, kecambah dan kembang kol saat sedang mengalami perut kembung. Selain itu, kurangi juga alkohol dan minuman bersoda karena itu bisa membuat seseorang lebih sering kentut dan berbau.

3. Perhatikan asupan produk susu
Produk susu seperti susu, keju dan yogurt bisa menyebabkan lebih sering kentut dengan bau yang busuk.

4. Rajin olahraga
Rajin olahraga secara teratur bisa membantu meringankan kebiasaan kentut yang berlebihan yang menyebabkan kentut berbau busuk. Olah raga yang bisa dicoba misalnya jalan kaki (jogging) dan yoga.

5. Mengubah kebiasaan makan
Untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan mengurangi udara yang masuk ke perut saat makan, cobalah mengubah kebiasaan makan Anda. Saat makan, kunyahlah makanan dengan perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan besar dan tidak bicara. Saat minum, jangan menggunakan sedotan. Hindari mengunyah permen karet untuk mencegah lebih banyak udara masuk ke perut.

loading...
Loading...
cara mengurangi kentut

5 Cara Mengurangi dan Menghilangkan Kebiasaan Kentut | lawas | 4.5