5 Cara Menghentikan Tidur Mendengkur

Tidur sambil mendengkur atau mengorok tentu bukanlah hal yang baik. Karena selain mengganggu kualitas tidur diri sendiri, tidur mendengkur juga akan mengganggu kenyamanan dari pasangan saat tidur bersama. Anda tentu tidak mau bertengkar dengan pasangan hanya karena masalah tidur mendengkur.

Anda mungkin tidak menyadari dan merasa biasa saja saat tidur sambil mendengkur. Namun sebenarnya tidur mendengkur adalah gangguan saat tidur yang banyak dialami orang, terutama adalah pria. Karena itu, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan dari tidur sambil mendengkur.

Cara Menghentikan Kebiasaan Tidur Sambil Mendengkur

Dikutip dari laman Prevention, ada beberapa cara untuk menghentikan kebiasaan ngorok yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah diantaranya:

1. Mengubah Gaya Hidup
Penyebab mendengkur saat tidur memang berbeda tiap orangnya. Namun mendengkur saat tidur ini lebih sering dialami oleh orang yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan atau terlalu banyak lemak dalam tubuhnya. Ini dikarenakan jalur napas mereka tertutup ketika tidur. Untuk itu, agar terhindar dari masalah tidur sambil mendengkur, cobalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan menjaga berat badan agar tetap ideal.

2. Minum Banyak Air
Penyebab tidur mendengkur juga bisa karena kurangnya minum air sehingga menyebabkan tubuh dehidrasi. Karena itu, untuk mengatasi tidur mendengkur, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan memperbanyak minum air untuk membantu meringankan tenggorokan kering saat tidur penyebab ngorok.

3. Hindari Makan Terlalu Malam
Lendir yang menutup saluran pernapasan bisa menyebabkan tidur mendengkur. Karena itum sebaiknya hindari makan terlalu malam atau sebelum tidur, terutama makanan yang dingin dan produk susu.

4. Cuci Hidung Dengan Air Garam
Hidung yang tersumbat menyebabkan saluran rongga hidung tertutup sehingga membuat seseorang kesulitan bernapas saat tidur. Karena itu tanda disadari mulut akan terbuka untuk membantu memudahkan dalam bernapas.

Untuk membuka rongga saluran napas, maka bisa dilakukan dengan mencuci hidung dengan larutan air garam, layaknya menangani sinusitis secara alami di rumah. Mandi air hangat sebelum tidur juga bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut.

5. Ubah Posisi Tidur
Tidur telentang menyebabkan udara dan oksigen yang masuk dalam tubuh hanya sedikit sehingga bisa menyebabkan getaran getaran yang akan menghasilkan suara dengkuran. Karena itu, cobalah untuk mengganti posisi tidur menjadi tidur menyamping. Orang yang tidur dengan posisi menyamping lebih jarang mendengkur dibanding mereka yang tidur dengan posisi tengkurap atau berbaring.

Itulah beberapa cara mengatasi tidur mendengkur yang bisa coba dilakukan. Selamat mencoba dan semoga masalah ngorok saat tidur yang anda alami bisa segera teratasi.

loading...
Loading...
cara mencuci perban

5 Cara Menghentikan Tidur Mendengkur | akbar | 4.5