5 Cara Mengatasi Stres yang Jitu

Selain mengganggu aktivitas dan pekerjaan, stres juga dapat menyebabkan efek buruk terhadap rambut, begitu juga dengan kulit.

Orang yang stres lebih rentan terkena masalah kulit berjerawat. Kulit dan pikiran saling terhubung yang berarti saat hormon stres dilepaskan, produksi minyak di kulit meningkat dan jerawat pun muncul.

Selain menyebabkan jerawat, dampak buruk dari stres lainnya adalah menyebabkan keriput dan lingkaran hitam pada daerah mata.

Adapun efek buruk stres terhadap rambut adalah stres bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Ketika seseorang mengalami stres, maka aliran darah bisa terhambat sehingga folikel rambut tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen dan nutrisi lain yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut dan inilah yang sering menyebabkan rambut menjadi rontok.

Karena itu, stres sebisa mungkin untuk dihindari atau setidaknya diminimalisir. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengurangi stres yang bisa dilakukan sebagaimana yang dilansir Indian Express.

1. Pijat

Pijat bisa menjadi cara yang bisa membantu tubuh rileks dan saluran energi yang terhambat menjadi perlahan terbuka.

2. Olah raga

Dengan berolahraga maka bisa mengubah suasanan hati dan membantu tubuh tetap sehat.

3. Meditasi 15 – 20 menit per hari

Meditasi atau duduk dalam kondisi tenang membantu orang memfokuskan pikiran dan melepaskan stres.

4. Makan makanan ringan nan sehat

Beberapa jenis makanan ringan yang menyehatkan yang bisa dikonsumsi antara lain almond, blueberry dan ikan salmon.

5. Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh. Setidaknya tubuh membutuhkan waktu tidur delapan jam per hari. Adapun akibat kurang tidur akan membuat orang mudah gusar dan marah. Ahli kesehatan mengatakan, tidak ada pelepas stres yang lebih baik ketimbang tidur saat malam.

Itulah beberapa tips cara mengurangi stres yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
5 Cara Mengatasi Stres yang Jitu | akbar | 4.5