5 Cara Mengatasi Kulit Sikut dan Lutut Berwarna Gelap

Kebanyakan orang memiliki kulit bagian sikut dan lutut yang lebih gelap dibanding permukaan kulit lainnya. Hal ini mungkin saja terjadi karena daerah sikut dan lutut paling sering menerima tekanan seperti saat menopang dagu atau berlutut yang membuatnya menebal. Bila area yang tebal ini sering terkena sinar matahari maka akan memicu terjadinya warna kulit yang lebih gelap.

Selain karena alasan tersebut, penyebab kulit sikut dan lutut lebih gelap adalah karena kandungan pigmen kulit (melanin) yang lebih banyak pada daerah tersebut, sehingga memicu timbulnya warna kulit yang lebih gelap atau hitam.

Untuk cara mengatasi kulit bagian sikut dan lutut yang gelap, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mencerahkan kulit sikut dan lutut agar tidak hitam lagi:

1. Gunakan Scrub

loading...

Untuk menghilangkan kotoran yang menempel di daerah sikut dan lutut bisa dilakukan dengan cara scrub. Karena biasanya daerah sikut dan lutut lebih kasar dibanding daerah lain.

2. Lakukan Pengelupasan

Pengelupasan kulit juga bisa dilakukan untuk agar sel kulit yang sudah mati bisa hilang dan akan segera tumbuh sel kulit baru. Untuk mengelupas sel kulit mati bisa dilakukan menggunakan kain lap dan krim exfoliating 2 kali seminggu. Tapi ingat, jangan berlebihan dalam melakukannya karena berisiko mengembangkan kulit kering atau gatal kronis.

3. Air Jeruk Nipis

Air jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit di sikut dan lutut. Gosok kulit bagian sikut dan lutut dengan jeruk nipis. Bahan ini bisa menjadi agen pemutih alami yang akan menghilangkan warna kulit gelap. Oleskan pada kulit tersebut dan biarkan 30 menit, lalu membilas dan melembabkan daerah tersebut.

4. Gunakan Tabir Surya

Manfaat tabir surya adalah untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari yang bisa memicu produksi melanin, yaitu pigmen penentu warna kulit, yang bisa membuat kulit menjadi gelap. Karena itu, penggunaan tabir surya sangat baik untuk mencegah kulit khususnya pada bagian sikut dan lutut berwarna gelap.

5. Ubah Perilaku dan Kebiasaan

Perubahan perilaku dan kebiasaan juga sangat penting dalam menjaga kulit tetap berwarna cerah. Jika biasanya anda banyak memberikan tekanan pada lutut dan siku, maka mulailah untuk menguranginya dengan menghindari postur dan perilaku yang banyak memberi tekanan di daerah tersebut.

Saat akan keluar rumah, khususnya saat terik matahari, sebaiknya memakai pakaian yang berlengan panjang dan bawahan yang mampu menutupi lutut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi kulit sikut dan lutut yang berwarna gelap yang bisa coba anda lakukan. Dengan mencoba cara tersebut, maka sikut dan lutut anda akan kembali berwarna lebih cerah. Anda pun akan merasa lebih percaya diri dalam memilih pakaian.

loading...
Loading...
warna dagu gelap

5 Cara Mengatasi Kulit Sikut dan Lutut Berwarna Gelap | akbar | 4.5