5 Cara Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, beberapa ibu hamil ada yang mengalami kegerahan hingga banyak mengeluarkan keringat. Penyebabnya adalah karena adanya peningkatan aliran darah ke dalam kulit yang membuat ibu hamil merasa lebih hangat.

Akibat dari hal tersebut maka akan merangsang kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh. Meningkatnya hormon progesteron sehingga pembuluh darah kecil pada kulit terbuka lebar.

Ada cara agar ibu hamil tidak merasa tersiksa akibat keringat berlebihan. Berikut ini adalah enam langkah yang bisa dilakukan agar ibu hamil selalu merasa nyaman dan tidak kegerahan.

1. Pakailah pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat, tidak terlalu tebal dan longgar.

loading...

2. Usahakan agar ibu hamil berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang memadai (banyak jendela dan ventilasi udara). Penggunaan AC pada ruangan memang membuat ibu hamil merasa sejuk dan nyaman, namun udara dengan sirkulasi yang baik jauh lebih sehat dibandingkan AC yang dipasang pada suhu 18 derajat dengan mode dry (kering).

3. Sebaiknya ibu hamil menghindari terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Saat berada di luar ruangan atau harus pergi ibu hamil bisa menggunakan payung atau pelindung.

4. Untuk membuat badan ibu hamil menjadi lebih segar bisa juga dengan cara mandi lebih sering saat udara panas.

5. Perbanyaklah mengonsumsi cairan. Bila pada kondisi normal tubuh membutuhkan cairan dua liter sehari, maka pada saat hamil, apalagi dengan kondisi keringat yang berlebih, maka asupan air harus ditingkatkan bahkan hingga tiga liter per hari. Selain air putih, ibu hamil juga bisa makan buah, meminum jus buah atau minuman sehat lainnya.

Namun demikian, sangat penting juga untuk diperhatikan adalah bahwa hindari tambahan gula atau bahan pengawet yang bisa berakibat buruk pada kesehatan ibu hamil.

loading...
Loading...
5 Cara Mengatasi Keringat Berlebih Pada Ibu Hamil | lawas | 4.5