5 Cara Mencegah Gigi Ngilu

Gigi terasa ngilu paling sering muncul saat kita minum minuman yang dingin seperti es misalnya. Namun demikian, makan makanan yang terlalu asam dan manis juga bisa menyebabkan rasa ngilu datang secara tiba-tiba.

Gigi gilu sering muncul karena adanya penipisan pada email gigi dan terbukanya dentin. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan menyikat gigi yang terlalu keras dengan bulu sikat gigi yang kasar. Selain itu penyebab gigi terasa ngilu saat makan atau minum juga karena adanya penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi yang terakumulasi cukup lama sehingga akan akan menekan gigi.

Cara Mencegah Gigi Ngilu

Untuk mencegah gigi ngilu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Gunakanlah sikat gigi yang lembut

loading...

Penggunaan sikat gigi dengan bulu kasar, terlebih bila cara menggosoknya juga dengan keras akan menyebabkan proses pengikisan email gigi. Karena itu gantilah sikat gigi anda dengan sikat gigi yang memiliki bulu lebih halus dan lembut sehingga tidak akan menyakti gigi dan gusi anda saat digunakan. Anda juga bisa merendam sikat gigi yang anda pakai ke dalam air panas untuk melembutkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada sikat gigi.

2. Selalu gunakan pasta gigi untuk gigi yang sensitif

Saat ini sudah ada banyak tersedia pasta gigi khusus untuk gigi yang sensitif di pasaran. Anda bisa menggunakan pasta gigi yang memang mengandung formula yang bisa menenangkan syaraf yang menyebabkan gigi terasa ngilu.

3. Gunakan pembersih mulut (mouthwash) untuk menjaga kesehatan gigi sensitif

Anda juga bisa menggunakan mouthwash atau obat kumur agar gigi anda terhindar dari ngilu. Mouthwash memiliki kandungan zat aktif yang bisa berfungsi untuk mengusir kuman dan mengancurkan karang gigi yang menyebabkan gigi terasa ngilu.

4. Menggosok gigi secara perlahan

Gigi sensitif sangat rentan terhadap gesekan, bahkan tidak jarang hanya disentuh dengan kuku pun gigi sudah merasakan ngilu yang sangat. Karena itu, saat menggosok gigi, lakukan secara perlahan dan hati-hati.

5. Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin

Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dinin bisa memicu kambuhnya gigi ngilu. Karena itu sebaiknya makanan dan minuman jenis ini dihindari untuk mencegah gigi ngilu. Selain itu juga anda perlu menghindari makanan atau minuman yang berasa asam. Juga makanan manis yang mudah menempel di gigi.

Penting juga untuk diperhatikan agar menghindari makanan yang terlalu panas lalu dengan cepat memakan makanan yang sangat dingin dan sebaliknya. Karena bila ini dilakukan maka akan memicu rasa ngilu pada gigi yang sensitif.

loading...
Loading...
5 Cara Mencegah Gigi Ngilu | akbar | 4.5