5 Cara cek kesehatan tubuh Anda lewat kondisi kaki

Sejak zaman kuno, sudah diketahui bahwa pada kaki manusia terdapat banyak sekali syaraf-syaraf yang terhubung dengan organ dalam tubuh. Karena itu terapi pijat refleksi atau pemijatan di area kaki lebih banyak ketimbang bagian tubuh lainnya. Selain itu, kondisi kaki ternyata juga dapat mendeteksi kesehatan. Bagaimana caranya? Ini dia rahasianya.

1. Kaki dingin
Jika kaki Anda sering terasa dingin meski suhu udara normal, maka kemungkinan tubuh Anda sedang mengalami hipothyroidism atau masalah pada kelenjar tiroid atau kelenjar gondok. Selain kaki dingin, Anda juga akan merasa mudah lelah dan berat badan naik dengan cepat.

2. Kaki tak berbulu
Kaki yang berbulu menandakan sirkulasi darah yang lancar di bagian tubuh itu. Namun, jika Anda memiliki jenis kaki tak berbulu meski tidak pernah mencukurnya, bisa jadi Anda punya masalah seperti plak pada pembuluh darah di kaki. Akibatnya kaki sering mengalami kram serta kesemutan.

3. Jempol bengkak
Terjadinya pembengkakan pada jempol kaki bisa diakibatkan karena asam urat yang tinggi. Ukuran jempol yang tak seimbang tersebut bisa dikurangi dengan konsumsi sayur serta mengurangi konsumsi daging.

4. Tumit nyeri
Tumit yang nyeri pertanda kaki Anda terlalu banyak bergerak, atau karena memakai high heels atau flat shoes dalam waktu lama. Kurangi kegiatan Anda dan lakukan pemijatan dengan lembut di bagian tumit untuk mengurangi nyeri. Selain itu, Anda juga bisa merendamnya pada sebaskom air panas.

5. Mati rasa
Jika kaki sering mengalami mati rasa, itu adalah tanda bahwa pembuluh darah di kaki Anda kurang lancar. Lakukan perendaman dengan air hangat dan pemijatan. Olesi juga dengan minyak kelapa agar kondisinya kembali sehat.

loading...
Loading...
5 Cara cek kesehatan tubuh Anda lewat kondisi kaki | akbar | 4.5