5 Cara alami mengatasi asam lambung

Refluks atau naiknya asam lambung ke saluran pencernaan atas cukup membuat tidak nyaman. Keasaman dalam lambung membuat gas menekan bagian tubuh di atasnya sehingga menimbulkan nyeri dada hingga rasa panas di kerongkongan. Jika sudah begini, salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi obat maag untuk mengurangi produksi asam dan gas di lambung.

Namun, ada cara mengatasi asam lambung yang lain tanpa menggunakan obat farmasi. Ingin tahu apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Jahe
Tanaman herbal ini dapat mengatasi refluks jika menggunakan dosis yang tepat. Konsumsilah 2-4 gram jahe per hari dengan cara direbus. Sebaiknya jangan berlebihan karena jahe dapat memperparah nyeri dada akibat refluks.

2. Pisang
Buah tropis ini dapat menetralisir asam lambung dengan menjadi antasida alami. Dinding perut dan saluran cerna akan dilapisi untuk menghindari iritasi asam lambung. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin dan kaya akan manfaat kesehatan lainnya.

3. Lidah buaya
Tanaman bersifat antiinflamasi ini bisa meredakan peradangan di lambung. Konsumsi 1/2 gelas daging buah lidah buaya jika refluks kerap muncul. Efek sampingnya mungkin Anda akan lebih sering buang air besar.

4. Baking soda
Baking soda memiliki manfaat untuk menetralisir asam lambung. Caranya, larutkan 1/2 -1 sendok teh baking soda ke dalam segelas lalu diminum. Namun jika terlalu sering mengalami refluks, sebaiknya pilih cara lain yang lebih nyaman. Pasalnya, baking soda memiliki kandungan garam yang bisa memicu rasa mual dan muntah.

5. Permen karet
Mengunyah permen karet selama kurang lebih 30 menit setelah makan dapat mengurangi refluks. Selama proses mengunyah berlangsung, terjadi pelepasan air liur. Air liur inilah yang berfungsi menurunkan jumlah asam di perut sehingga gejala refluks bisa diatasi.

loading...
Loading...
obat enek alami, obat alami enek

5 Cara alami mengatasi asam lambung | akbar | 4.5