5 Buah Sehat Penangkal Dehidrasi Selain Air Putih

Musim kemarau membuat tubuh menjadi lebih rentan terkena dehidrasi. Karenanya, kita dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi.

Salah satu cara mencegah dehidrasi yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Namun bila anda bosan, maka anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi buah.

Beberapa jenis buah yang kaya akan kandungan air bisa menjadi alternatif sumber asupan cairan bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa contoh buah yang bisa anda konsumsikarena bisa menjadi alternatif sumber cairan bagi tubuh:

1. Mangga

Selain banyak mengandung air, buah mangga juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral, terutama vitamin A. Vitamin A dapat menghidupkan sel-sel kulit. Tidak hanya itu saja, buah mangga juga akan meningkatkan kesehatan kulit anda saat berjerawat.

2. Delima

Delima merupakan sumber antioksidan yang dapat menghidrasi. Buah ini mungkin merupakan sumber yang paling produktif dengan polifenol. Kombinasi unik dari elemen dalam buah delima meningkatkan kemampuan pelindung tabir surya, yang dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat matahari. Anda bisa menambahkan buah delima ke dalam menu sereal, yogurt, salad sayur atau buah segar untuk camilan yang menyegarkan atau sarapan.

3. Avokad

Avokad mentega yang berdaging tebal mungkin tidak tampak seperti makanan hidrasi. Namun nyatanya buah ini kaya akan kandungan kalium, lemak sehat dan serat, yang membantu memenuhi cairan tubuh. Sebagai bonus, lemak monosaturated di dalam alpukat mengandung asam oleat yang telah ditemukan untuk meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan membantu mengontrol diabetes dan kolesterol.

4. Mentimun

Selain renyah dan juga rendah kalori, mentimun juga memiliki cukup banyak kandungan air yang membuat anda tetap terhidrasi. Tidak hanya itu saja, mentimun juga merupakan sumber yang sangat baik dari silika yang memberikan kontribusi untuk kekuatan jaringan ikat. Pastikan anda tidak mengupas kulit mentimun karena itu merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C dan asam folat.

5. Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Karenanya, mengonsumsi buah semangka bisa menjadi alternatif untuk mencegah dehidrasi. Tidak hanya itu saja, semangka juga kaya akan kandungan nutrisi seperti betakaroten, likopen dan vitamin C yang sangat penting bagi tubuh.

Itulah sedikit informasi tentang contoh buah sebagai sumber cairan yang dapat menjaga tubuh anda tetap terhidrasi di musim kemarau seperti sekarang ini. Selain dapat dimakan langsung, anda pun bisa mengonsumsi buah tersebut diatas menjadi jus. Tapi ingat, jangan tambahkan gula pada minuman jus tersebut.

loading...
About these ads

Loading...
5 Buah Sehat Penangkal Dehidrasi Selain Air Putih | akbar | 4.5
buah yg mengandung silika, makanan mengandung silika